FITNESS & HEALTH

5 Langkah Memilih Masker yang Nyaman untuk Berolahraga

A. Firdaus
Senin 09 November 2020 / 18:37
Jakarta: Berolahraga selalu baik buat kesehatanmu, terutama saat masa pandemi covid-19 ini. Menjaga imunitas tubuh dengan cara berolahraga menjadi aktivitas yang harus kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus korona.

Tapi bagaimana caranya kamu bisa berolahraga seperti berlari atau workout dengan nyaman meski menggunakan masker? Berikut lima langkah memilih masker untuk berolahraga dilansir dari Men's Health:
 

1. Bernapas dengan nyaman


Pakar penyakit menular, Dr. Sandra Kesh menyarankan untuk tidak berolahraga di dalam ruangan tanpa masker. Apalagi kamu melakukan latihan di tempat pemusatan olahraga bersama orang yang tidak dikenal.

Untuk itu pilih masker yang bisa membuatmu bernapas dengan aman. Hal ini sangat berguna, selain untuk tetap mendapatkan oksigen yang cukup, juga memutus penyebaran virus.
 

2. Kain


Kain adalah salah satu faktor terpenting saat berolahraga dengan masker. Untuk aktivitas sehari-hari, masker kain boleh digunakan. Namun dengan olahraga, masker bedah menjadi sangat cepat lembap, yang dapat membuatmu lebih sulit bernapas dan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Jadi untuk alasan ini, masker yang dibuat dengan kain adalah pilihan terbaikmu. Tapi tetap saja, kamu ingin masker yang bisa bernapas dan nyaman saat kamu bergerak.

3. Anti keringat


Tak semua masker nyaman dipakai saat berolahraga. Misal jika kamu ingin berolahraga di luar, kamu harus menggunakan masker yang bisa digunakan kembali, ringan, nyaman, anti keringat, dan mudah dibersihkan.

"Karena kamu berkeringat saat berolahraga, air keringat membuat kamu kesulitan bernapas. Untuk itu penting memakai masker berbahan kain tenun. Jangan menggunakan kertas atau tisu untuk melapisinya," ujar John Whyte, MD, Kepala Petugas Medis WebMD.

"Untuk itu berolahragalah menggunakan masker yang 100 persen berbahan katun, agar bernapas lebih nyaman," sambungnya.
 

4. Elastis


Tidak ada yang lebih buruk daripada masker wajah yang kendur atau terlepas saat kamu bergerak. Pertama, itu hanya mengganggu. Kedua, ini akan mengganggu latihanmu jika kamu harus berhenti untuk memperbaikinya dan kemungkinan besar kamu harus menyentuh wajahmu..

Selain itu semakin longgar ukuran penutup wajah, semakin sedikit perlindungan yang kamu peroleh. Jadi jangan menggunakan alat lain untuk mengindari virus, selain memakai masker.

Hal yang paling penting adalah, masker tersebut tetap elastis menutup mulut dan hidungmu. Bahkan ketika kamu melakukan pergerakan.

Cari masker yang dapat disesuaikan atau tersedia dalam berbagai ukuran. Sehingga kamu dapat menemukan yang paling cocok untukmu. Lingkaran telinga yang melar atau elastis cenderung pas dan tidak akan tergelincir sebanyak masker yang mengikat di kepalamu.
 

5. Fitur antimikroba


Karena keringat dan lembap dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, masker yang memiliki beberapa jenis filter atau lapisan antimikroba sangat ideal untuk aktivitas fisik.

Meskipun ini mungkin tidak benar-benar membunuh atau menghancurkan partikel virus, tidak ada salahnya untuk memiliki penghalang tambahan ini.

Juga patut untuk dipahami bahwa tidak ada masker yang dapat menawarkan jaminan 100% bahwa itu akan melindungimu dari virus, tidak peduli berapa banyak fitur mewah yang mereka miliki. Tetapi memakai masker hanyalah alat lain yang dapat bertindak sebagai penghalang tambahan, untuk membantu menghentikan penyebaran dan membantu melindungimu dan orang lain dari covid-19.
(FIR)

MOST SEARCH