FITNESS & HEALTH

7 Kesalahan Posisi Duduk yang Paling Sering Dilakukan

Sandra Odilifia
Selasa 02 Maret 2021 / 11:25
Jakarta: Pernahkah kamu mengalami sakit pinggang saat duduk terlalu lama? Rupanya saat kamu tidak banyak bergerak atau duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama, itu dapat berbahaya bagi kesehatan lho!

Selain sakit pinggang, duduk dengan posisi yang salah dapat menyebabkan masalah punggung, ketegangan leher, sakit kepala, dan nyeri pada lengan serta kaki. Seperti dilansir Times of India, berikut adalah beberapa kesalahan yang mungkin kamu lakukan saat duduk:
 

1. Bungkuk


Saat kamu memutar bahu ke depan, panggul kamu miring dan tulang belakang kamu melengkung. Posisi ini akan memberi banyak tekanan pada sumsum tulang belakang yang menyebabkan rasa sakit dan ketegangan otot.

Agar tidak terjadi hal demikian, kamu harus pastikan bentuk alami tubuh yang menopang tulang belakangmu.
 

2. Duduk di kursi atau bantal yang empuk


Kita seringkali lebih memilih kursi yang empuk dan menggunakan bantal di bawahnya supaya lebih nyaman.

Tetapi tahukah kamu, ketika melakukan hal itu, bokong menjadi tenggelam, panggul miring dan tubuhmu harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan posisi netral. Yang tentunya akan membuat badanmu terasa pegal.

Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya duduklah di kursi dengan alas datar agar lebih nyaman.
 

3. Terlalu fokus di bawah level mata


Kebanyakan yang melakukan kesalahan ini adalah orang yang bekerja dengan laptop, dan mungkin kamu salah satunya!

Jika pandangan kamu terlalu fokus di bawah level mata, maka kamu akan menekuk kepala dan memberi tekanan pada otot leher serta tulang belakang. Untuk menghindari hal ini, sesuaikan layar laptop kamu atau gunakan meja laptop.
 

4. Membiarkan kaki menggantung


Duduk di kursi tinggi atau bangku dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan mendorong tubuh untuk melibatkan inti tubuh secara cuma-cuma.



Jika kamu harus duduk lama, pilihlah kursi yang tepat. Jaga agar paha sejajar dan lutut ditekuk pada sudut 90 derajat.
 

5. Bersandar ke belakang


Kebanyakan orang merasa nyaman saat mereka bersandar untuk menopang punggung mereka. Tetapi pada kenyataannya, tubuhmu tidak membutuhkan penyangga saat duduk kecuali kamu sedang bergerak.

Jadi, cobalah duduk di permukaan yang lebih mendukung agar kamu bisa membiasakan diri untuk tidak bersandar.
 

6. Duduk terlalu rendah


Saat kamu duduk di kursi yang terlalu rendah, bokong kamu akan tenggelam di kursi, panggul miring ke belakang dan tulang punggung melengkung serta kepala miring ke depan. Membayangkannya saja, sudah tidak nyaman bukan?

Untuk menjaga agar tulang belakang kamu tetap lurus, pertahankan kaki kamu pada sudut 90 derajat dan sesuaikan ketinggian kursi kamu.
 

7. Menyilangkan kaki


Melipat kaki satu di atas yang lainnya akan memiringkan pinggul ke atas dan memberi tekanan yang tidak perlu pada tulang belakang kamu. Jadi, usahakan lutut sejajar dengan pinggul saat kamu duduk untuk menghindari sakit punggung ya!
(FIR)

MOST SEARCH