FITNESS & HEALTH

Berapa Kali Normalnya Seseorang BAB dalam Sehari?

Medcom
Minggu 28 Agustus 2022 / 12:00
Jakarta: Memiliki frekuensi buang air besar (BAB) yang lancar adalah dambaan setiap orang. Namun dalam penelitian sebaiknya kamu tidak menaruh kacamata seseorang pada diri kamu. Ini karena preferensi makan dan minum orang berbeda.

Dinukil dari Dulcolax, pola BAB yang normal umumnya adalah 3 kali dalam seminggu, meski ada juga yang setiap hari. 

Dilansir dari Healthline, frekuensi buang air besar yang normal dapat berkisar antara tiga kali sehari hingga tiga kali dalam seminggu.



(Terlepas dari seberapa sering idealnya harus BAB, pola buang air besar yang normal dan sehat juga seharusnya tidak berubah. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Pernyataan ini kemudian dibuktikan oleh sebuah penelitian pada tahun 2010 terbitan jurnal Scandinavian Journal of Gastroenterology yang mengamati 268 orang berusia 18-70 tahun tentang rutinitas BAB mereka selama ini.

Peneliti sebelumnya sudah memastikan bahwa seluruh partisipan ini dalam kondisi yang sehat tidak memiliki gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome/IBS) dan tidak sedang minum obat apa pun. Kemudian peneliti meminta setiap partisipan mencatat jadwal BAB masing-masing selama seminggu

Hasilnya, 98 persen orang dari total peserta terlihat rutin buang air besar antara 3 kali per minggu hingga 3 kali dalam sehari. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa frekuensi BAB tersebut adalah frekuensi BAB normal.

(TIN)

MOST SEARCH