FITNESS & HEALTH

Tips Sehat untuk Mengurangi Serangan Asam Urat

Kumara Anggita
Selasa 10 November 2020 / 17:12
Jakarta: Asam urat adalah salah satu penyakit yang menjengkelkan karena kalau sudah kambuh, rasa nyerinya bisa buat harimu berantkan. Untuk mengurangi serangannya, kamu bisa melakukan hal-hal sehat yang tidak susah. Kamu perlu melakukan:
 

Kurangi pemicu asam urat karena makanan


Dikutip dari Healthline, makanan sering kali berkaitan erat dengan serangan asam urat. Menghindari pemicu dan menjaga pola makan asam urat yang baik adalah pengobatan yang penting.

Studi menunjukkan daging merah, makanan laut, gula, dan alkohol adalah pemicu paling umum. Pilihlah buah-buahan rendah gula, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, dan produk susu rendah lemak.
 

Selalu terhidrasi


Minum banyak air penting untuk fungsi ginjal. Menjaga ginjal dalam kondisi yang baik juga dapat mengurangi penumpukan kristal asam urat dan serangan asam urat. Pastikan untuk tetap terhidrasi dan minum banyak air, yang dapat membantu mengatasi asam urat. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa itu dapat menggantikan perawatan asam urat.


Istirahat yang cukup


Serangan asam urat dapat mengganggu pergerakan dan mobilitas. Untuk menghindari gejala yang memburuk, rileks dan tetap diam saat persendian meradang. Hindari berolahraga, menahan beban berat, dan menggunakan persendian secara berlebihan, yang dapat memperburuk rasa sakit dan durasi flare-up.

Lakukan ketiga hal ini sehari-hari. Tidak sulit bukan? 
(YDH)

MOST SEARCH