FITNESS & HEALTH

Definisi Sempurna Surya Manurung, Pengidap Sindrom Barber Say

MetroTV
Senin 28 Februari 2022 / 08:16
Jakarta: Hidup Surya Manurung tak melulu murung. Di tengah kelainan genetik sindrom barber say, dia dan keluarga tetap riang.

Pria asal Sumatra Utara ini kerap memperlihatkan hidupnya di kanal media sosial Youtube. Video kesehariannya bersama saudara sempat viral dan ditonton jutaan orang.

Di media sosial, mereka dikenal sebagai keluarga Manurung. Secara fisik, kondisi mereka berbeda dari kebanyakan orang karena sindrom barber say. 

Sindrom barber say adalah kelainan genetik yang ditandai dengan kelainan khas pada kepala dan wajah. Kelainan ini kerap menyebabkan pertumbuhan berlebih pada rambut, kulit, kelopak mata, hingga mulut.

Surya memiliki lima saudara dan tiga saudaranya juga mengidap penyakit yang sama. "Kalo saya pribadi itu pasti karena ayah saya yang seperti saya. Jadi, menurut saya itu faktor genetik," ujar Surya Manurung dalam program Kick Andy di Metro TV, Minggu, 27 Februari 2022.

Baca: Waspada, Pandemi Telah Berdampak pada Kesehatan Mental Anak-anak

Mereka tinggal di sebuah rumah sederhana di kabupaten Asahan, Sumatra Utara. Tidak mudah bagi Surya dan keluarganya menghadapi berbagai macam ekspresi orang atas kelainan yang mereka punya.

"Selama ini tanggapan orang-orang terdekat tidak ada yang aneh-aneh. Mereka tidak pernah mengadu tentang pem-bully-an dari orang-orang sekitar. Tapi sejak viral, mereka ada yang mengadu dan dihujat banyak orang,” ujar ayah Surya, Syarifuddin Manurung.

Saat ini, mereka mampu membuktikan diri menjadi pribadi yang baik dan hidup mandiri. Bahkan, di channel Youtube, mereka membagikan kisah dan keseharian tanpa canggung. Bagi mereka, menjadi sempurna adalah dengan mensyukuri hidup yang telah diberikan. (Alifiah Nurul Rahmania)

(UWA)

MOST SEARCH