FITNESS & HEALTH

Luangkan Waktumu Melakukan Peregangan Otot saat WFH

A. Firdaus
Jumat 06 November 2020 / 14:07
Jakarta: Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah menjadi rutinitas sebagian pegawai kantoran selama pandemi covid-19. Saking rutinnya, muncul beberapa masalah yang mengganggu aktivitasmu, seperti otot pegal atau sendi yang kaku.

Saat di kantor kamu mungkin saja memiliki tempat kerja yang mumpuni, ada waktu lengang berada di rooftop untuk ngobrol dengan teman, atau menyeduh kopi di pantry. Tapi di rumah, tak seperti itu.

Kebiasaan-kebiasaan itu sangat berbanding terbalik ketika kamu berada di rumah, yang hanya duduk selonjoran di depan laptop atau PC sepanjang hari. Alhasil, badan gampang pegal lantaran beberapa otot dan persendian yang kaku.

Mungkin kamu tidak dapat meninggalkan rumah, selain belanja atau keadaan darurat lainnya, tapi kamu masih perlu banyak bergerak. Untuk itu penting memprioritaskan beberapa stretching atau peregangan, yang mungkin hanya butuh lima menit saja dalam sehari.

"Peregangan bukan hanya bermanfaat akan kesehatan fisikmu, melainkan juga memiliki manfaat pada psikologis," ujar Luke Worthington salah satu traier kepada Metro.co.uk.

Senada dengan Luke, salah satu Instruktur Pribadi di Orgym, Chloe Twist, mengatakan peregangan memiliki banyak manfaat fisik dan mental bila dilakukan secara teratur. Untuk itu peregangan menjadi cara yang berguna jika kamu meningkatkan motivasi, produktivitas, dan kesehatan secara keseluruhan saat WFH.

"Apakah kamu sakit di leher, punggung, atau tubuh bagian bawah? Kamu bisa mencari cara meningkatkan fokus dan menghilangkan stres dengan berbagai latihan peregangan dinamis dan statis yang bisa kamu lakukan," ucap Chloe.

Berikut beberapa area di tubuh yang bisa menjadi titik area melakukan peregangan simpel seperti disarankan Chloe:


1. Kaki


Untuk tubuh bagian bawah, lakukan quad stretch (lipat satu kakimu ke arah belakang) yang statis. Bisa juga melakukan walking lunge atau side shuffle.

Fungsi dari peregangan ini bisa memperlancar aliran darah ke ototmu. Sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kram lantaran duduk terlalu lama.
 
2. Punggung dan leher atas

Jika kamu cenderung merasakan rasa nyeri di leher dan punggung atas, lakukan peregangan punggung atas yang sederhana. Seperti mengatupkan kedua tangan dan mengulurukan tangan ke depan. Sehingga tulang belikat merenggang.
 

3. Bahu


Kamu juga dapat mencoba meregangkan punggung atas, bahu, dan dada dengan mengulurkan kedua tangan (sambil dikepal) ke belakang punggung sambil berdiri. Kemudian dorong secara lembut ke dada depan dan bahu ke belakang.
(FIR)

MOST SEARCH