FITNESS & HEALTH

Diet, Tapi Enggak Berhasil? Mungkin 5 Alasan Ini Penyebabnya

Mia Vale
Selasa 30 Agustus 2022 / 08:05
Jakarta: Tidak peduli diet apa yang sedang dijalani, tidak peduli ahli penurunan berat badan mana yang diikuti atau program latihan yang kita latih, rahasia keberhasilan penurunan berat badan adalah menemukan keseimbangan energi yang tepat untuk kebutuhan pribadi seseorang.  

Pasalnya, ada banyak faktor lain yang dapat memengaruhi input energi (kalori yang dikonsumsi) dan output energi kamu (kalori yang terbakar). 

Ada banyak faktor yang memengaruhi asupan kalori harian. Salah satu dari hal ini bisa menjadi alasan mengapa seseorang tidak bisa menurunkan berat badan. Kemungkinan besar masalahnya menurut kutipan dari Verywell Fit adalah kombinasi dari beberapa faktor. 

Evaluasi setiap hal berikut untuk melihat di mana dapat melakukan penyesuaian. Pastikan konsultasi dengan ahli diet terdaftar atau penyedia layanan kesehatan lain untuk menentukan kebutuhan diet kamu yang paling tepat.
 

Kelaparan 


Merasa lapar adalah alasan paling jelas mengapa kita makan. Tapi anehnya, sering kali bukan itu alasan kita makan. Bisa jadi, seringnya seseorang makan, itu karena kamu tidak makan cukup setiap kali makan atau tidak memiliki kombinasi nutrisi yang tepat untuk membuat kenyang. 

Pilih makanan yang lebih tinggi serat dan bangun makanan di sekitar protein. Selain itu, memasukkan sumber lemak yang menyehatkan jantung, misal, minyak zaitun, kacang-kacangan, atau biji chia. Ini akan membantu kita merasa kenyang lebih lama.



(Penyebab badan gemuk yang paling mudah teridentifikasi adalah karena tidak menjaga pola makan yang seimbang. Biasanya ini dimulai dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang berkalori tinggi secara berlebihan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Frekuensi makan 


Makan lebih sering dapat membantu menghindari makan berlebihan pada waktu makan, tetapi makan lebih sering juga meningkatkan peluang untuk mengonsumsi terlalu banyak kalori

Meskipun mungkin mengonsumsi terlalu banyak kalori untuk kebutuhan dengan jumlah makanan berapa pun, banyak orang merasa terbantu untuk memasukkan satu atau dua makanan ringan sepanjang hari untuk menjembatani kesenjangan antara waktu makan. 
 

Stres 


Banyak dari kita mengelola emosi dengan makanan. Makanan memberikan kenyamanan, sering kali memberi kita rasa kontrol dan merupakan sumber kenikmatan. Tapi kalori kenyamanan itu bertambah. Jika kamu menduga bahwa makan emosional menggagalkan diet, pertimbangkan alternatif yang sehat untuk mengurangi stres. 
 

Pilihan makanan 


Ukuran porsi yang tepat adalah kuncinya. Ingat, makanan apa pun yang dikonsumsi melebihi kebutuhan kalori akan menyebabkan kenaikan berat badan, tidak peduli seberapa sehat makanan itu.
 

Kurang tidur 


Tindakan sederhana berdiet dapat menyebabkan stres dan kelelahan. Bahkan jika program penurunan berat badan tidak salah, kelelahan harian kemungkinan akan menghambat latihan diet. Pelajari cara tidur lebih baik untuk menurunkan berat badan. 

Ambil langkah-langkah sederhana seperti mengisi daya ponsel di dapur atau mengubah pencahayaan di kamar tidur  untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik.
 

Makan berlebihan usai latihan 


Percaya atau tidak, salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang ketika mereka mencoba menurunkan berat badan adalah makan terlalu banyak setelah olahraga. 

Bahkan, tidak jarang pelari maraton baru mengalami kenaikan berat badan karena alasan ini. Pastikan kamu mendapat bahan bakar yang tepat untuk latihan kamu sehingga kamu tidak makan berlebihan saat selesai.
(TIN)

MOST SEARCH