FITNESS & HEALTH

Latihan Pernapasan, Ternyata Bisa Membantu Meredakan Gejala Batuk

Kumara Anggita
Selasa 20 Juli 2021 / 09:10
Jakarta: Latihan pernapasan dikenal untuk membantu masalah sesak pada pasien covid-19. Namun, siapa sangka ternyata kegiatan ini bisa membantu gejala batuk juga lho.

Menurut dr. Amien Suharti, Sp.KFR. selaku Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUI, kamu bisa mencoba 3 latihan yang umum direkomendasikan. Antara lain pursed lip breathing, latihan untuk memperkuat otot pernapasan, dan pernapasan diafragma. Ketiga latihan ini menurutnya efektif membantu masalah batuk.

“Bagian dari rehabilitasi paru adalah latihan batuk efektif kita sebutnya. Pasien-pasien bisa mengeluarkan dahak dengan efektif dengan cara ini,” ujar dr. Amien dalam Live IG RSUI.

“Jadi itu prinsipnya batuk itu ekspirasi (proses menghembuskan napas). Jadi kita memperbaiki pola bernapas dulu,” lanjutnya.

Tekniknya adalah, kamu menerapkan teknik pernapasan dan kemudian buat dirimu batuk. Kemudian tarik napas dalam, tarik napas melalui hidung, dan buang napas seperti biasa, Lalu pada saat ekspirasi yang ketiga, lakukan sambil membatukkan.

“Saat buang napas kita buka rongga pernapasan, saat mau buang napas suruh dia batuk,” jelas dr. Amien.

Jadi, walaupun kamu tidak ada masalah sesak saat terinfeksi covid-19, kamu tetap perlu melakukan latihan pernapasan bila memiliki gejala batuk. Dengan seperti itu, kamu bisa merasa lebih nyaman.
(FIR)

MOST SEARCH