FITNESS & HEALTH

Perlukah Menyikat Gigi Anjing Peliharaanmu?

Raka Lestari
Selasa 19 April 2022 / 08:05
Jakarta: Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh manusia setiap harinya adalah menggosok gigi. Namun, bagaimanakah dengan hewan seperti anjing? Apakah mereka juga tetap perlu melakukan kebiasaan menggosok gigi seperti manusia?

Menurut sebuah studi pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One, penyakit periodontal atau penyakit gusi, memengaruhi sekitar 80 anjing. Penyakit ini diawali dengan gingivitis atau radang gusi dan dapat menjadi kronis seiring waktu.

Sebagai catatan penelitian, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko hepatitis, bronkitis kronis, dan masalah kardiovaskular pada anjing. Bakteri mulut dapat menyebabkan abses kecil di hati dan ginjal atau masuk ke jantung yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan organ.

Menurut WebMD, selain itu air liur anjing lebih basa daripada air liur manusia, yang memicu penumpukan plak. Akumulasi plak gigi dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peradangan gusi dan kehilangan gigi.


Cara membersihkan gigi anjing
(Sebelum kamu menyikat gigi anabul kamu, American Veterinary Medical Association (AVMA) merekomendasikan untuk mengoleskan sedikit pasta gigi pada jari dan kemudian membiarkan anjing mencium dan merasakannya dulu selama minggu pertama. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Cara membersihkan gigi anjing di rumah


Menyikat gigi anjing bukanlah ilmu yang sulit tetapi memang dibutuhkan kemahiran. Sebagai permulaan, selalu pastikan kamu tidak menggunakan pasta gigi yang salah. Agar tidak salah dalam memilihnya, gunakan pasta gigi dengan kandungan bahan-bahan yang disetujui dokter hewan.

Xylitol atau pemanis buatan dalam pasta gigi manusia, dapat menjadi racun bagi anjing. American Veterinary Medical Association (AVMA) merekomendasikan untuk mengoleskan sedikit pasta gigi pada jari dan kemudian membiarkan anjing mencium dan merasakannya dulu selama minggu pertama.

Seiring berjalannya waktu, kamu bisa mencoba mengoleskan pasta gigi di bibir dan gusinya. Ulangi langkah ini selama beberapa hari sebelum beralih ke sikat gigi berbulu lembut. Tarik bibir mereka ke belakang dan sikat permukaan gigi mereka.

Pegang sikat gigi pada sudut 45 derajat dan bergerak cepat untuk mencegah anjing merasa bosan. Beri hadiah jika mereka bisa melakukannya dengan benar. Dan jangan lupa untuk selalu memuji mereka setiap kali mereka selesai melakukan rutinitas menggosok gigi dengan baik. 

(TIN)

MOST SEARCH