FITNESS & HEALTH

Anak di Bawah 12 Tahun ke Mall Sebaiknya Dilihat dari Tingkat Urgensinya

Raka Lestari
Rabu 22 September 2021 / 08:17
Jakarta: Saat ini pemerintah sudah memperbolehkan anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun untuk mengunjungi mall. Meskipun demikian, orang tua sebaiknya memerhatikan hal ini.

Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya tetap waspada, karena meskipun sudah diperbolehkan tetap saja bisa ada risiko tertular covid-19.

“Pemerintah tentu mengambil keputusan sudah mempertimbangkan berbagai aspek. Pertimbangan pertama adalah angka penularan covid-19 sudah relatif rendah. Poin yang kedua, permintaan dari sebagian masyarakat untuk bisa keluar rumah. Ketiga, para pedagang juga ingin berjualan,” ujar Prof.Dr.dr.Soedjatmiko, SpA(K), MSi, Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Akan tetapi, menurut Prof. Soedjatmiko orang tua tetap harus menimbang-nimbang apakah memang diperlukan ke mall atau tidak. Mengingat risiko untuk terinfeksi dari orang lain untuk covid-19 masih tetap bisa terjadi.

“Tetap masih ada selama covid-19 masih ada, risiko penularan masih ada walaupun sangat kecil,” jelasnya.

“Jadi langkah pertama, mau di mall atau di manapun. Mau di bawah 12 tahun atau di atas 12 tahun, kemanapun di luar rumah harus pakai masker. Menutupi lubang hidung, mulut, dan dagu, dan pipi. Ditambah yang di atas usia 12 tahun harus sudah divaksin,” jelas Prof. Soedjatmiko.

Bagaimana yang berusia di bawah 12 tahun? “Prinsipnya sama, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Kenapa? Waktu di mall, di lift-nya mungkin di situ bekas orang atau ada orang lain juga yang kebetulan masuk lift siapa tau dia ada covid-19,” kata Prof. Soedjatmiko.

“Tapi ada pertanyaan yang mendasar, seberapa perlu ke mall.  Kalau mau beli baju untuk sekolah atau mau beli baju untuk acara keluarga, atau beli sepatu, beli buku, silakan. Tapi kalau cuma jalan-jalan mendingan tidak usah. Kalau mau makan, bisa beli di restoran lalu makan di rumah,” tegas Prof. Soedjatmiko.

Jadi, walaupun pemerintah sudah melonggarkan ke mall untuk anak-anak di bawah 12 tahun itu bukan berarti anak-anak harus ke mall. Orang tua yang menyaring, kalau tidak perlu-perlu ke mall jangan berkerumun di manapun.
(FIR)

MOST SEARCH