FITNESS & HEALTH

5 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah secara Natural

Kumara Anggita
Selasa 10 November 2020 / 18:00
Jakarta: Kadar gula darah yang tinggi adalah sesuatu yang harus kamu waspadai, karena jika dibiarkan ini bisa menjadi cikal bakal diabetes. Untuk menurunkannya, kamu bisa melakukan beberapa hal natural tanpa menggunakan obat, seperti dilansir Healthline:
 

1. Olahraga secara teratur


Olahraga teratur dapat membantumu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Bila sensitivitas insulin meningkat, ini artinya kamu lebih mampu menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah kamu. Bentuk olahraga yang baik termasuk angkat beban, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dan masih banyak lagi.
 

2. Kontrol asupan karbohidrat


Tubuhmu memecah karbohidrat menjadi gula (kebanyakan glukosa), dan kemudian insulin memindahkan gula ke dalam sel. Ketika kamu makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, proses ini gagal dan kadar glukosa darah meningkat.

American Diabetes Association (ADA), merekomendasikan pengendalian asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat atau menggunakan sistem pertukaran makanan. Beberapa penelitian menemukan bahwa, metode ini juga dapat membantumu merencanakan makanan dengan tepat, yang selanjutnya dapat meningkatkan kontrol gula darah.
 

3. Tingkatkan asupan serat


Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Untuk alasan ini, serat mendorong peningkatan kadar gula darah yang lebih bertahap.

Makanan yang tinggi serat antara lain sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Asupan serat harian yang dianjurkan adalah sekitar 25 gram untuk perempuan dan 38 gram untuk laki, atau sekitar 14 gram untuk setiap 1.000 kalori.
 

4. Minum air dan tetap terhidrasi


Minum cukup air dapat membantumu menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ini membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urine.

Satu studi observasional menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan kadar gula darah tinggi. Ingatlah bahwa air dan minuman non-kalori lainnya adalah yang terbaik.

Minuman yang dimaniskan dengan gula meningkatkan glukosa darah, mendorong penambahan berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes.
 

5. Mengontrol tingkat stres


Stres dapat memengaruhi kadar gula darah kamu. Ini karena hormon seperti glukagon dan kortisol disekresikan selama stres.

Satu studi menunjukkan bahwa olahraga, relaksasi, dan meditasi secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan kadar gula darah. Jadi pastikan kamu jangan sampai terlalu stres.
(FIR)

MOST SEARCH