FITNESS & HEALTH

Manfaat Biji Bunga Lotus untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Yuni Yuli Yanti
Rabu 11 Mei 2022 / 09:00
Jakarta: Bunga lotus terkenal akan bentuknya yang cantik dan warna-warni kelopak bunganya yang dapat memanjakan mata. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa bunga teratai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama pada bijinya. 

Biji bunga lotus biasanya ditemukan dalam campuran minuman kesehatan asal Tiongkok dan India. Menurut Ruchi Shrivastava, seorang ahli sejarah makanan, jika dimasak dengan tepat, biji bunga ini dapat bermanfaat melawan penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup. 

“Biji bunga lotus dapat memiliki efek menenangkan pada tubuh, sehingga dapat mengurangi stres dan kecemasan,” katanya.

Biji bunga lotus juga bebas gluten, sehingga sangat fleksibel untuk ditambahkan dalam berbagai hidangan termasuk hidangan untuk para diet vegan. Karena rendah karbohidrat, biji ini juga cocok untuk dikonsumsi saat melakukan diet keto.


(Sekilas memang tampak mirip dengan bunga teratai, namun bunga lotus memiliki kelopak yang agak bulat dan besar. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Shrivastava mengatakan biji bunga lotus rendah akan kandungan sodium dan kaya akan potasium. Sehingga, biji bunga lotus dapat mengurangi tekanan gula darah dan sangat baik untuk pasien diabetes. Dibandingkan almond atau kacang mede, biji bunga lotus juga memiliki harga yang lebih terjangkau. 

“Tepung biji bunga lotus juga bisa dijadikan tepung dan dicampurkan dengan tepung gandum utuh untuk dibuat roti. Tepung tersebut juga bermanfaat untuk pasien diabetes. Atau bisa juga menggunakan campuran kedua tepung tersebut menjadi pudding,” jelas Shrivastava.

Sementara, Jiao Shu-De, seorang ahli pengobatan Tiongkok menyebutkan biji bunga lotus sebagai lian zhi bahwa biji bunga lotus dapat memelihara jantung, memperkuat limpa, dan meningkatkan kesehatan ginjal.

(yyy)

MOST SEARCH