End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Hari AIDS Sedunia, Ketahui Arti Simbol dari Pita Merah

Medcom
Kamis 01 Desember 2022 / 15:38
Jakarta: Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS sedunia. AIDS merupakan sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat infeksi virus yang bernama Human Immunodeficiency Virus (HIV)

Tema yang diterapkan setiap tahunnya tentu berbeda. Tema kali ini adalah “equalize”. Tema “equalize”, bertujuan untuk mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk mengatasi ketidaksetaraan yang menghambat kemajuan dalam mengakhiri HIV-AIDS. 

Sementara simbol pita merah memang setiap tahunnya dipakai untuk peringatan Hari AIDS. Simbol ini memang masih belum diketahui banyak orang. Padahal, simbol pita merah AIDS begitu populer sebagai bentuk kepedulian dan juga dukungan kepada pasien AIDS.

Lalu, apa sebenarnya arti dari pita merah yang digunakan dalam simbol Hari AIDS sedunia ini?


(Ada makna dari arti warna merah dalam simbol AIDS yaitu karena sesuai dengan warna darah, yang menjadi tempat masuk dan berkembangnya virus HIV di tubuh. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Dimulai pada tahun 1991, sekelompok seniman peduli AIDS yang tergabung dalam Visual Aids ingin melakukan sesuatu untuk menghimpun solidaritas bagi para penderita HIV/AIDS

Mereka terinspirasi oleh tentara AS yang menunjukkan dukungan terhadap rekan-rekan tewas dalam Perang Teluk dengan mengenakan pita berwarna kuning. Mereka memutuskan melakukan hal yang sama dengan warna berbeda.

Warna merah dipilih karena sesuai dengan warna darah, yang menjadi tempat masuk dan berkembangnya virus HIV di tubuh. Pita merah ini juga membentuk lengkungan yang melambangkan jantung-hati atau cinta.

Selain itu, merah sering dianggap mewakili gairah. AIDS adalah penyakit mematikan, sehingga untuk menunjukkan solidaritas diperlukan simbol yang meningkatkan gairah hidup. Bentuk pita pun dipilih karena dianggap cukup sederhana dan mudah dibuat. 

Pita merah melambangkan HIV-AIDS ini mulai populer beberapa pekan setelahnya, ketika berbagai ajang bergengsi mulai bermunculan seperti Oscars. Dalam waktu singkat, simbol ini mulai mendunia. 

Begitulah makna dari pita merah sebagai simbol dari peringatan Hari AIDS. Pita merah jadi cara sederhana dan ambil untuk melawan stigma seputar AIDS.



Aulia Putriningtias
(TIN)

MOST SEARCH