FITNESS & HEALTH

5 Cara Sederhana Turunkan Tekanan Darah tanpa Obat

Kumara Anggita
Selasa 17 November 2020 / 06:05
Jakarta: Tekanan darah yang tinggi merupakan kondisi yang berbahaya, Jantungmu bisa terpengaruh akibat ini.

Bila kamu tidak mau menurunkannya dengan obat, kamu bisa melakukan hal-hal alami lainnya seperti dilansir Medical News Today:
 

1. Jalan kaki dan olahraga teratur


Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur membantu membuat jantungmu lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah. Pada akhirnya ini bisa  menurunkan tekanan di arterimu.

Faktanya, 150 menit olahraga sedang, seperti jalan kaki, atau 75 menit olahraga berat. Seperti lari, per minggu, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantungmu.
 

2. Kurangi asupan natrium


Sumber menunjukkan bahwa banyak penelitian telah mengaitkan asupan garam tinggi dengan tekanan darah tinggi dan jantung, termasuk stroke. Jika kamu sudah memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi asupan natrium kamu untuk melihat apakah ada bedanya. Tukar makanan olahan dengan yang segar dan coba bumbui dengan bumbu dan rempah-rempah daripada garam.
 

3. Kurangi kafein


Jika kamu pernah meminum secangkir kopi sebelum mengukur tekanan darah, kamu akan tahu bahwa kafein menyebabkan peningkatan instan. Jika kamu curiga, kamu sensitif terhadap kafein, kurangi untuk melihat apakah itu menurunkan tekanan darahmu atau tidak.
 

4. Belajar mengelola stres


Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi. Saat kamu mengalami stres kronis, tubuhmu selalu berada dalam mode pertarungan atau lari. Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Kelola stresmu sedemikian mungkin hingga itu tak menguasaimu lagi.
 

5. Berhenti merokok


Rokok adalah faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung. Setiap kepulan asap rokok menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah. Tak hanya itu, bahan kimia dalam tembakau juga diketahui dapat merusak pembuluh darah.
(FIR)

MOST SEARCH