FITNESS & HEALTH

Tanda Kamu Trauma karena Perselingkuhan

Kumara Anggita
Rabu 18 November 2020 / 10:08
Jakarta: Trauma bisa terjadi karena berbagai hal dan salah satunya adalah perselingkuhan. Ini karena pengkhianatan dapat menyebabkan tekanan emosional.

Dikutip dari Healthline, pengkhianatan dalam hubungan romantis biasanya muncul dalam bentuk perselingkuhan, meskipun jenis pengkhianatan lain, seperti pengkhianatan finansial, juga dapat memicu respons trauma yang setipe. 

Menemukan pasangan selingkuh sering kali mengarah pada rasa kehilangan harga diri dan harga diri, mati rasa, serta kemarahan.

Selain itu juga bisa merasa kehilangan kepercayaan pada orang lain, kecurigaan dan kewaspadaan berlebihan, atau depresi, cemas, dan gejala kesehatan mental lainnya.

Menolak pengkhianatan juga bisa terjadi dalam konteks hubungan romantis.

Mungkin kamu tidak benar-benar membutuhkan pasangan kamu untuk bertahan hidup, tetapi kamu mungkin masih merasa tidak dapat pergi karena sejumlah alasan seperti adanya anak-anak, kurangnya pilihan, tidak ada penghasilan sendiri.

Sebuah hubungan juga memenuhi kebutuhan kepemilikan dan hubungan sosial yang penting, dan pengkhianatan dapat membuat kamu bertanya-tanya bagaimana kamu akan memenuhi kebutuhan tersebut di masa depan. 

Hal ini membuat kamu tidak mau berpisah dan pasangan dan menolak perasaan kamu hingga kamu trauma. Bila gejala-gejala ini muncul setelah kamu diselingkuhi. 

Ini artinya kamu harus memproses perasaanmu dengan tepat agar tidak terjadi trauma berkepanjangan. Hubungi psikolog atau psikiater untuk mendapatkan arahan yang tepat.
(TIN)

MOST SEARCH