FITNESS & HEALTH

Tips Memilih Makan Malam jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Rabu 06 Oktober 2021 / 13:11
Jakarta: Saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan. Beberapa orang menganggap bahwa makan malam bisa menambah kenaikan berat badan.

Padahal, kamu tetap bisa makan malam sekalipun sedang diet untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Eating Well, berikut ini adalah makan malam yang bisa kamu pilih jika sedang ingin menurunkan berat badan:
 

Salad sayuran


Kamu bisa memilih salad sayur jika ingin makan malam. Salad sayur merupakan pilihan rendah kalori dan penelitian dari Penn State University menunjukkan bahwa, makan salad dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan hingga 12 persen.

Selain itu salad sayuran mengandung serat, yang harus ada pada makananmu ketika sedang diet. Serat membantumu tetap kenyang lebih lama.  
 

Protein tanpa lemak


Protein akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak. Dan jangan lupa tentang susu. Penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menemukan bahwa, protein dalam susu (disebut protein whey) dapat membantu mencegah kenaikan berat badan dan membantu membangun massa tubuh tanpa lemak.
 

Biji-bijian utuh


Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan roti gandum utuh dapat memberimu keunggulan ekstra dalam hal penurunan berat badan. Biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi. Mulai dari serat dan magnesium. Dan magnesium merupakan mineral penting yang berperan dalam mengatur metabolisme lemak.
 

Makanan pencuci mulut


"Melarang makanan manis dapat menyebabkan makan berlebihan. Melarang sama sekali untuk mengonsumsi makanan manis merangsang pelepasan molekul di otak yang disebut corticotropin-releasing factor (CRF), yang diproduksi ketika kamu takut, cemas atau stres,” kata Pietro Cottone, Ph.D.,

Dan peningkatan tingkat stres dapat menurunkan motivasimu untuk makan lebih banyak makanan bergizi. Sehingga kemungkinan besar kamu akan lebih banyak mengonsumsi makanan junk food atau makanan tidak sehat lainnya.
(FIR)

MOST SEARCH