FITNESS & HEALTH

Mengenal Penyakit Diplopia Seperti yang Dialami Pembalap Marc Marquez

Raka Lestari
Kamis 24 Maret 2022 / 16:28
Jakarta: Pembalap MotoGP Marc Marquez tidak bisa menunjukkan penampilan terbaiknya di ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Hal ini terjadi karena Marc Marquez mengalami diplopia, hasil dari insiden kecelakaan yang terjadi pada sesi pemanasan sebelum berlaga. Seperti apa itu diplopia?
 

Definisi diplopia 


Dilansir dari Medical News Today, diplopia atau penglihatan ganda (double vision) adalah masalah mata yang menyebabkan seseorang melihat dua bayangan terpisah dari objek yang sama. Salah satu gambarnya lebih redup dan disebut "ghost image". Orang sering salah mengira diplopia sebagai penglihatan yang kabur.

Diplopia dapat memengaruhi satu atau kedua mata. Pada diplopia monokular, bayangan ganda tetap ada meskipun mata yang lain tertutup. Penyebabnya sering terjadi di mata dan tidak mungkin karena masalah neurologis.

Sedangkan pada diplopia binocular, seseorang akan melihat dua bayangan hanya ketika kedua matanya terbuka. Kondisi yang lebih serius dapat menyebabkan hal ini. Diplopia bisa horizontal, vertikal, atau keduanya (diagonal).


Marc Marquez diplopia
(Bagaimana diplopia diperlakukan tergantung pada apa yang menyebabkannya. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Gejala diplopia


Selain melihat ganda, diplopia dapat dikaitkan dengan gejala lain seperti:

- Sakit kepala
- Mual (sakit perut atau merasa sakit)
- Pusing
- Nyeri (termasuk saat sedang menggerakkan mata)
- Penglihatan kabur atau tidak jelas pada satu atau kedua mata
 

Apa penyebabnya?


Ada banyak faktor yang mungkin bisa menyebabkan diplopia. Beberapa yang umum di antaranya adalah:
 

1. Diplopia monokular


- Katarak
- Astigmatisme
- Sindrom mata kering
- Kacamata atau lensa kontak yang tidak pas
- Iris (bagian berwarna mata) mengalami kelainan
 

2. Diplopia binokular


- Mata yang tidak sejajar
- Masalah saraf kranial
- Aneurisma otak
- Stroke
- Pengobatan 

Bagaimana diplopia diperlakukan tergantung pada apa yang menyebabkannya. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan mengenai penyebab diplopia yang kamu alami dan apa saja yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Beberapa perawatan untuk mengoreksi diplopia menngharuskan seseorang menutup satu mata untuk sementara waktu, atau memakai lensa kontak khusus.

(TIN)

MOST SEARCH