FITNESS & HEALTH

Sebelum Tidur, Kapan Harus Mematikan TV atau Ponsel? Ini Jawaban Ahli

Mia Vale
Minggu 03 Juli 2022 / 21:20
Jakarta: Banyak dari kita yang masih menyempatkan diri untuk menonton TV atau menggulir ponsel sebelum tidur. Dan ini seakan menjadi kebiasaan. Padahal apa yang biasa dilakukan itu justru bisa menguragi tidur nyenyak kita. 

Seorang ahli telah berbagi waktu yang ideal untuk mematikan atau membatasi paparan cahaya biru pada malam hari. Cahaya biru sekarang lebih lazim dalam kehidupan kita daripada sebelumnya dan biasanya berasal dari televisi, ponsel, laptop, tablet, dan jam tangan pintar. 

Spesialis kesehatan mata dan dokter mata di Feel Good Contacts, Alastair Lockwood, mengatakan kepada Express, "Jauhkan layar dari kamar sebelum tidur. Batasi jumlah cahaya biru yang terpapar setidaknya dua jam sebelum tidur."



(Awalnya sinar biru atau blue light diciptakan sebagai sinar buatan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan. Untuk itu batasi pemakaiannya, karena paparan cahaya layar smartphone akan mengurangi tingkat kedipan mata yang berimplikasi pada ketegangan mata, iritasi mata, kekeringan, hingga mata kabur. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Lockwood menambahkan, cahaya biru dari layar elektronik dapat menghentikan kamu dari tidur karena menipu tubuh untuk berpikir bahwa ini masih siang dan tetap harus bangun. 

Ia juga  menyarankan, cobalah mendengarkan podcast atau membaca buku sebelum beristirahat pada malam hari. Untuk penerangan, bisa gunakan lampu baca sebagai pengganti lampu utama.

Cahaya biru juga dapat memiliki efek jangka panjang pada mata kita. “Paparan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah mata jangka panjang seperti degenerasi makula dan lainnya," kata Lockwood.

"Masalah cahaya biru hanya meningkat seiring bertambahnya usia, lensa alami menjadi menguning dan retina gagal menangkap cahaya biru," jelas Lockwood lagi.

Dengan kata lain, cahaya biru bisa mengganggu ritme alami tubuh. Lockwood pun memiliki tips praktis lain untuk membantu tidur, seperti sembunyikan jam. Karena, memeriksa waktu secara teratur dapat meningkatkan kecemasan diri karena tidak bisa tertidur. 

(TIN)

MOST SEARCH