FITNESS & HEALTH

Harus Tahu, Kadar Kolesterol Sehat Berdasar Usia dan Jenis Kelamin

Mia Vale
Minggu 24 Juli 2022 / 08:00
Jakarta: Kolesterol merupakan lemak yang digunakan oleh tubuh di mana diproduksi oleh tubuh dan juga berasal dari makanan hewani. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan kolesterol, yang membantu membran sel membentuk lapisan. 

Lapisan-lapisan ini melindungi isi sel dengan bertindak sebagai penjaga gerbang untuk hal-hal apa saja yang bisa masuk atau keluar dari sel. Kolesterol juga diperlukan untuk membuat hormon-hormon tertentu dan untuk memproduksi vitamin D. 

Hati membuat cukup kolesterol untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan fungsi-fungsi penting ini.  Namun, ada angka penting yang perlu diketahui mengenai kolesterol total, HDL atau kolesterol baik, LDL atau kolesterol jahat, dan trigliserida
 

Jenis-jenis kolesterol


Kolesterol bergerak ke seluruh tubuh dibawa oleh lipoprotein dalam darah. Lipoprotein meliputi:

- Low-density lipoprotein (LDL) adalah salah satu dari dua lipoprotein utama. LDL sering disebut "kolesterol jahat" 
- High-density lipoprotein (HDL) adalah lipoprotein utama lainnya. HDL sering disebut "kolesterol baik" 
- Very-low-density lipoproteins (VLDL) adalah partikel dalam darah yang membawa trigliserida



(Setiap orang yang berusia di atas 20 tahun harus mengukur kadar kolesterol mereka setidaknya setiap lima tahun sekali. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Kolesterol berdasar usia dan gender


Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut  kadar kolesterol yang sehat, berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang.
Anak dan remaja berusia 19 tahun ke bawah. Kolesterol total yang normal untuk kategori ini adalah kurang dari 170 mg/dL. Kadar LDL harus kurang dari 100 mg/dL dan kadar HDL harus lebih dari 45 mg/dL.

Wanita di atas 20 tahun. Kolesterol total yang semestinya dimiliki kategori ini berkisar antara 125 hingga 200 mg/dL. Tingkat LDL mereka harus kurang dari 100 mg/dL dan mereka harus memiliki HDL 50 mg/dL atau lebih tinggi.

Pria di atas 20 tahun. Kisaran normal untuk kolesterol total pria adalah 125 hingga 200 mg/dL. Kadar LDL pria harus kurang dari 100 mg/dL dan pria membutuhkan 40 mg/dL kolesterol HDL.
 

Kapan harus periksa kolesterol? 


Setiap orang yang berusia di atas 20 tahun harus mengukur kadar kolesterol mereka setidaknya setiap lima tahun sekali. Penyedia layanan kesehatan akan memesan tes darah yang akan menunjukkan berapa banyak kolesterol yang dibawa dalam aliran darah. Tes ini akan memberikan kadar kolesterol. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bagi orang dewasa yang sehat harus memeriksakan kolesterol setiap empat hingga enam tahun.

Anak-anak harus diperiksa kolesterolnya setidaknya sekali antara usia sembilan dan sebelas tahun. Setelah itu, perlu dicek lagi setelah usianya mencapai 17 dan 20 tahun.

Bila seorang anak memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi, penyakit jantung, atau kelebihan berat badan atau obesitas, anak sebaiknya lebih rutin memeriksakan kadar kolesterol. Ingat, apa yang kamu pilih untuk dimakan, seberapa banyak bisa bergerak dan bagaimana menghadapi pasang surut kehidupan adalah hal-hal yang dapat dipengaruhi.

(TIN)

MOST SEARCH