FITNESS & HEALTH

4 Tanda Kekurangan Vitamin D

Mia Vale
Rabu 22 September 2021 / 23:19
Jakarta: Cukup vitamin D adalah suatu keharusan, agar tubuh bisa berjalan sebagaimana mestinya. Faktanya, kekurangan vitamin d dapat menyebabkan daftar panjang masalah yang mengganggu dan serius. 

Hal ini pun diungkapkan oleh Mindbodygreen, mengenai siapa dan bagaimana tanda orang yang kekurangan vitamin D. Jadi, yuk kita cari tahu!
 

Siapa yang berisiko kekurangan vitamin D? 


Siapa pun dapat mengalami kekurangan vitamin D. Namun, ada beberapa faktor risiko utama yang membuat seseorang lebih rentan terhadapnya. 

Menurut ahli diet nutrisi fungsional, Whitney Crouch, R.D.N., C.L.T., berikut orang yang rentan menghadapi risiko kekurangan vitamin D yang lebih tinggi: 

1. Orang dengan warna kulit lebih gelap, memiliki kemampuan yang kurang untuk memroduksi vitamin D dari sinar UV karena melanin di kulit mereka 

2. Orang dengan paparan sinar matahari terbatas. Artinya, siapa saja yang menghabiskan waktu kurang dari 5-30 menit yang disarankan, 3 hari per minggu, antara pukul 10 pagi dan 4 sore, di bawah sinar matahari. 

Pun, siapa saja yang tinggal cukup jauh di utara untuk memiliki musim gugur dan musim dingin yang berbeda, di mana kekuatan UV dari sinar matahari rendah.

3. Individu dengan kelebihan berat badan atau obesitas, yang secara signifikan meningkatkan kebutuhan vitamin D

4. Mereka yang memiliki masalah kesehatan yang memengaruhi hati atau ginjal

5. Orang dengan diet rendah lemak atau yang tidak menyerap lemak dengan baik (karena vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak)

6. Orang yang tidak rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D


vitamin d
(Menurut penelitian, individu dengan masalah kesehatan suasana hati terlihat memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Tanda dan gejala kekurangan vitamin D 


Sebenarnya tubuh akan memberi tahu ketika tidak mendapatkan cukup vitamin D. Berikut, tanda-tandanya:
 

1. Kesehatan tulang yang kurang optimal


Karena vitamin D membantu penyerapan kalsium, kekurangan vitamin D pada akhirnya menyebabkan penurunan penyerapan kalsium serta pelepasan kalsium dari tulang, yang merusak kesehatan dan kekuatan tulang dari waktu ke waktu. 
 

2. Suasana hati yang rendah


Menurut tinjauan tahun 2020, banyak penelitian telah mengidentifikasi hubungan yang jelas, mencatat bahwa individu dengan masalah kesehatan suasana hati terlihat memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. 
 

3. Ketahanan kekebalan tubuh kurang


Vitamin D mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan efektif. Sehingga, menghindari kekurangan mikronutrien esensial yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk mendukung fungsi dan ketahanan sistem kekebalan tubuh.
 

4. Kabut otak


Karena vitamin D dapat mendukung fungsi otak sehari-hari, kekurangan dapat membuat kamu merasa seperti berada dalam kabut.

Intinya, banyak dari kita tidak mendapatkan cukup vitamin D dari makanan atau sinar matahari. Untuk itu, suplemen sering kali diperlukan jika kamu ingin meningkatkan kadar vitamin D ke tempat yang benar-benar optimal yaitu 50 ng/ml atau lebih tinggi.
(TIN)

MOST SEARCH