FITNESS & HEALTH

Ini Dia 6 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan Tubuh, Bisa untuk Imunitas Lho!

Mia Vale
Selasa 20 September 2022 / 11:05
Jakarta: Indonesia kaya akan rempah yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya temulawak (Curcuma zanthorrhiza), yang masih berkerabat dengan kunyit. Kandungan beragam senyawa alami yang ada dalam temulawak, membuat tanaman berkhasiat ini digunakan untuk jamu atau obat herbal secara turun temurun.

Tanaman herbal ini sering kali digunakan sebagai obat untuk masalah kesehatan, mulai dari kurang nafsu makan, gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, hingga gangguan fungsi hati. Selain itu, seperti yang telah dilansir dari Alodokter, temulawak juga digunakan sebagai pewarna makanan, bumbu masakan, dan bahan campuran dalam produk kosmetik.

Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak kandungan seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol, memiliki sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, dan antidiabetes. Dan karena kandungan senyawa itulah temulawak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
 

1. Memperkuat imunitas tubuh


Manfaat ini didapat dari beragam nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat juga bisa membuat kita jarang sakit.


(Temulawak bisa dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengatasi infeksi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Mencegah dan mengatasi infeksi


Berbagai riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri Salmonella dan E.coli. Pasalnya, kandungan xanthorrhizol dan kurkuminoidnya berfungsi sebagai antimikroba. 

Pun ekstrak yang dimiliki mengandung antivirus dan antijamur. Itulah mengapa temulawak bisa dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengatasi infeksi. Minuman temulawak juga memiliki efek antiradang dan pereda demam alami, sehingga baik dikonsumsi untuk mendukung proses pemulihan saat kamu sedang sakit, misalnya demam atau flu.
 

3. Mengatasi gangguan pencernaan


Sebuah penelitian menyebutkan bahwa temulawak memiliki potensi manfaat untuk mengobati radang lambung atau gastritis. Pun untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Meski demikian, efektivitas dan keamanan manfaat temulawak yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
 

4. Menjaga kesehatan dan fungsi hati


Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati serta mengurangi peradangan pada hati. Ini diduga berkat efek antioksidan dan antiradang yang terdapat pada temulawak. Untuk penyakit hati, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.
 

5. Mengendalikan kadar gula darah


Temulawak juga diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Temulawak juga diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah.
 

6. Menurunkan risiko penyakit kanker


Beberapa riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati. Meski demikian, temulawak masih belum bisa digunakan sebagai pengobatan kanker. Penelitian terhadap efektivitas temulawak dalam mengobati kanker masih sangat terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.
(TIN)

MOST SEARCH