FITNESS & HEALTH

Hanya dengan Berjalan Kaki Kamu Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Rahasianya

Raka Lestari
Selasa 28 September 2021 / 15:12
Jakarta: Berlari, mengikuti kelas HIIT, dan bersepeda dianggap dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata untuk menurunkan berat badan tidak harus melakukan olahraga berat, hanya dengan berjalan kaki jika dikombinasikan dengan olahraga rutin bisa juga membantumu dalam menurunkan berat badan.

"Sangat penting untuk memiliki campuran latihan intensitas tinggi dan intensitas rendah, seperti berjalan untuk penurunan berat badan yang optimal dan berkelanjutan," kata Lindsey Corak, C.S.C.S.

Namun Lindsey mengatakan bahwa ada beberapa panduan yang bisa digunakan agar penurunan berat badan menjadi jauh lebih efektif. Berikut di antaranya:
 

1. Usahakan melakukan 15.000 langkah setiap harinya


Menurut Hannah Davis, C.S.C.S. berjalan kaki sebanyak 15.000 langkah setiap hari selama seminggu dapat membantu menurunkan berat badan.

"Jangan khawatir jika kamu melakukannya secara perlahan, yang penting lakukan saja," kata Hannah.

Hal lain yang perlu diingat: konsistensi adalah kunci. Kamu tidak akan mendapatkan banyak manfaat dari menaikkan jumlah langkah hanya dalam satu hari dan kemudian melakukannya lebih sedikit di hari berikutnya.
 

2. Berjalan selama 20 menit tiga kali setiap harinya


Setidaknya berjalan kaki selama 20 menit sebanyak tiga kali setiap harinya akan membantu dalam mencapai jumlah langkah harian, sehingga kamu dapat mulai menurunkan berat badan.

Bahkan, penelitian dari George Washington University, menemukan bahwa orang-orang yang berjalan selama 15 menit setelah setiap makan memiliki kendali gula darah yang lebih baik.
 

3. Berjalan menanjak setidaknya tiga kali seminggu


Menaiki lereng pegunungan, berjalan menanjak, atau menaiki tangga akan membantu dalam membangun lebih banyak otot, yang meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Itu akan membantu tubuhmu dalam membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika kamu tidak melakukan olahraga. Davis menyarankan menambahkan interval tanjakan sekitar tiga kali per minggu dan terus meningkatkan intensitasnya.
 

4. Perhatikan asupan kalori


Meskipun kebutuhan gizi yang tepat bergantung pada banyak faktor di luar langkah harian per hari. Sebagian besar wanita yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan mengikuti diet 1.200 hingga 1.600 kalori yang kaya protein.

"Meskipun kamu meningkatkan tingkat aktivitas setiap harinya, kamu tetap harus mengurangi asupan kalori," kata Hannah.
 

5. Selalu pilih rute yang lebih jauh


Dengan selalu memilih rute yang jauh untuk mencapai tujuan, misalnya saja dalam memilih tempat parkir atau turun dari bis, itu dapat membantu untuk mencapai target jumlah harian yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan.

"Seiring waktu, beberapa gerakan tambahan ketika berjalan dapat benar-benar membuat perbedaan," tutup Hannah.
(FIR)

MOST SEARCH