FITNESS & HEALTH

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara

Raka Lestari
Rabu 06 April 2022 / 18:11
Jakarta: Meskipun banyak yang belum menyadarinya, menjaga kesehatan payudara menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, terutama dengan memilih asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ternyata ada beberapa sumber makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara. Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang bisa menjaga kesehatan payudara:
 

1. Buah berry


Dua alasan mengapa buah berry sangat baik untuk kesehatan payudara adalah karena buah berry seperti blueberry dapat menurunkan risiko obesitas. Hal ini dapat membantu payudara dalam mempertahankan ukurannya yang sehat dan konsisten.

Selain itu, flavonoid (senyawa tanaman) dan anthocyanin (pigmen yang larut dalam air) yang ditemukan di buah berry telah terbukti secara ilmiah menurunkan risiko kanker payudara dari waktu ke waktu.
 

2. Sawi hijau


Menurut Medical News Today, sawi hijau tinggi akan kandungan vitamin E. Ini bagus untuk mencapai kesehatan payudara yang optimal karena vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak.

Vitamin E dianggap membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara, menurut ulasan yang diterbitkan di Nutrition and Cancer. Bonus lainnya adalah potasium yang juga ada dalam sawi dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor terkait kanker payudara juga.
 

3. Buah-buahan kering


Buah-buahan kering baik untuk payudara karena mengandung fitoestrogen yang tinggi (senyawa nabati yang meniru estrogen), menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Phytotherapy Research. Seiring bertambahnya usia dan tubuh kehilangan estrogen, mengonsumsi makanan yang kaya akan fitoestrogen berpotensi meningkatkan kadar estrogen.
 

4. Quinoa


Quinoa adalah gandum utuh yang merupakan sumber padat serat, seng, protein, vitamin B dan E, tembaga, dan zat besi. Ini mengandung asam lemak dan antioksidan, dan penuh dengan sifat anti-inflamasi.

Quinoa juga dapat membantu menjaga kulit payudara dalam kondisi prima. Berkat antioksidan yang ada di dalamnya, quinoa dapat membantu payudara mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.
 

5. Telur


Studi mengungkapkan bahwa mungkin ada hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan kanker payudara pada wanita pascamenopause. Untungnya, satu telur rebus dapat memberi Anda 25 persen dari jumlah vitamin B12 yang dibutuhkan setiap hari, menurut WebMD.

Selain itu, jika kamu sedang dalam proses menyusui maka mendapatkan lebih banyak nutrisi ke dalam tubuh dapat membantu payudara menghasilkan lebih banyak susu.
(FIR)

MOST SEARCH