FITNESS & HEALTH

Setelah Makan Kok Malah Lemas? Ternyata Ini Penyebabnya

A. Firdaus
Kamis 07 Juli 2022 / 16:20
Jakarta: Sejatinya makanan yang kamu makan untuk menambah energi lewat proses metabolisme agar bisa terus beraktivitas. Tapi nyatanya, kamu justru merasa lemas setelah makan. Untuk mengetahui penyebabnya, simak penjelasannya berikut ini melansir Hello Sehat:

Begitu makanan yang kamu konsumsi sampai ke lambung, sistem pencernaan akan menyerap zat gizinya untuk selanjutnya diedarkan ke bagian tubuh yang membutuhkan. Sebagian besar nutrisi dalam makanan ini akan tubuhmu ubah menjadi energi yang dipakai oleh sel, jaringan, dan otot pada seluruh tubuh untuk terus beraktivitas.

Sementara itu, sisanya akan membantu tubuh memproduksi dan mengatur berbagai hormon, seperti kolesistokinin dan glukagon. Keduanya memicu rasa kenyang dan menaikkan gula darah serta melatonin yang merangsang rasa kantuk.

Pelepasan berbagai hormon ini tak hanya membuatmu merasa ngantuk setelah makan, tetapi membuat tubuh terasa lebih lelah dan capek.

Rasa lemas setelah makan merupakan respons tubuh yang sangat wajar. Terlebih bila kamu baru saja makan dalam porsi yang banyak. Jadi, apabila tidak ingin merasa lemas setelah makan, sebaiknya hindari terlalu banyak makan.

Meski rasa lemas setelah makan menjadi hal yang wajar, tetapi, respons ini seharusnya hanya berlangsung sebentar dan tubuh akan kembali segar tak lama setelah selesai makan.

Ketika terus-menerus merasa lemas dan tubuh tak kunjung membaik, berarti ada sesuatu hal yang terjadi pada tubuhmu. Beberapa gangguan kesehatan seperti diabetes, intoleransi makanan, dan penyakit celiac.
(FIR)

MOST SEARCH