FITNESS & HEALTH

Jangan Dibuang, Ternyata Kulit Bawang Memiliki Banyak Manfaat

Raka Lestari
Jumat 15 April 2022 / 15:17
Jakarta: Kulit bawang biasanya sengaja dibuang karena dianggap tidak memiliki manfaat lain. Namun ternyata, banyak yang belum mengetahui bahwa kulit bawang bisa memiliki banyak manfaat yang cukup menguntungkan.

Untuk itu sebaiknya, setelah mengupas kulit bawang, kamu jangan langsung membuangnya. Dilansir dari The List, berikut ini adalah empat manfaat dari kulit bawang:
 

1. Menambahkan rasa pada makanan


Kulit bawang mengandung serat dan kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A,C,E, dan juga kaya akan antioksidan serta flavonoid. Kulit bawang juga bisa direbus bersama dengan kaldu untuk digunakan saat memasak nasi atau ditumbuk sampai halus, dan bisa ditambahkan pada masakan untuk menambah rasa.
 

2. Menjadi obat penyembuh


Farmer's Almanac menyarankan, membuat teh kulit bawang sebagai obat alami untuk menghilangkan kram otot atau membuat tidur lebih nyenyak. Dan juga bisa menggunakan kulit bawang yang direndam bersama dengan air.

Air rendaman tersebut bisa diaplikasikan pada kulit yang terasa gatal. Lapisan bening tipis pada kulit bawang juga bersifat antiseptik, sehingga bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka agar luka bisa cepat sembuh.
 

3. Sebagai pewarna alami


Kulit bawang juga bisa menjadi pewarna alami. Menurut All Natural Dyeing, kulit bawang adalah salah satu zat pewarna alami termudah yang dapat kamu gunakan dan bagus untuk pemula. Kamu bisa menggunakan kulit bawang putih atau merah untuk dijadikan pewarna dengan warna yang sedikit berbeda.

Untuk membuat pewarna kulit bawang, kamu bisa merebusnya selama setengah jam hingga 45 menit. Kemudian angkat kulitnya dan biarkan cairan mendingin beberapa sebelum digunakan untuk pewarna.
 

4. Sebagai perawatan rambut


Kulit bawang juga bisa menjadi pewarna rambut alami. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu merebus kulit bawang selama lebih dari satu jam pada air, kemudian biarkan semalaman.

Setelah itu aplikasikan cairan air kulit bawang pada rambut yang kering. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas dan keringkan. Jika berhasil, kamu akan mendapatkan warna rambut cokelat keemasan.
(FIR)

MOST SEARCH