FITNESS & HEALTH

Tips Mengonsumsi Ramuan Herbal Bubuk untuk Kesehatan

Sandra Odilifia
Jumat 13 November 2020 / 14:11
Jakarta: Jamu merupakan salah satu ramuan herbal yang diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, banyak orang yang salah mengartikannya, dan hanya meminum jamu ketika sedang sakit.

Menurut herbalis Asri Saraswati Iskandar, jamu bersifat penunjang, promotif dan preventif, yang berarti agar mendapatkan hasil terbaik, penting untuk mengonsumsinya secara konsisten dan jangan tunggu sakit. Tak lupa ditunjang dengan pola hidup sehat.

Untuk masyarakat urban yang tinggal di perkotaan, kemungkinan akan lebih sibuk dan sulit untuk mendapatkan jamu basah atau ramuan alami yang langsung dari tumbuhannya. Sehingga memilih untuk mengonsumsi jamu bubuk.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika meminum ramuan herbal bubuk, antara lain:
 

1. Pastikan produk aman


Kamu harus mengenali produknya dengan baik. Pastikan bahwa memang dari produsen yang memberikan kualitas terpercaya, tentunya dengan label BPOM.
 

2. Kenali sinyal tubuh


Cek kondisi badan dengan mengenali sinyal dari dalam tubuh. Penggunaannya mungkin tergantung pada kondisi tubuh masing-masing.

"Misalnya, jika seseorang minum setiap hari, nah coba 5 hari dulu, kemudian cek kondisi badan lagi, kalau oke lanjutin, intinya tetap harus mengenal kondisi badan," ujar Asri dalam sebuah webinar.
 

3. Takaran


Penggunaan antara jamu basah dan bubuk tentu berbeda. Dan, meskipun produk kesehatan sekalipun, tetap tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

"Penggunaannya jelas berbeda, kalau pakai yang basah itu misalnya satu ruas ibu jari, kalau yang bubuk itu cuma setengah atau satu sendok teh aja cukup," ujar herbalis yang telah melakoni bidangnya selama tujuh tahun.

Mengonsumsi herbal memang baik bagi seseorang, tapi tentunya juga harus diikuti dengan pola hidup yang baik dan seimbang. Jadi asupan makanannya harus diperhatikan, kemudian berolahraga yang cukup dan yang tak kalah penting juga mengelola stres.

Dalam mengonsumsi bahan-bahan herbal, hasilnya juga tidak akan kamu dapat secara instan. Tentunya diperlukan repetisi dan konsistensi yang nyata.
(FIR)

MOST SEARCH