FITNESS & HEALTH

7 Trik Cegah Datangnya Nyeri Punggung

Mia Vale
Senin 08 November 2021 / 08:00
Jakarta: Nyeri punggung, baik bagian atas atau pun bawah tentu tidak enak. Kegiatan juga bisa terhambat. Namun begitu, nyeri punggung bukanlah suatu kelainan, melainkan gejala dari berbagai jenis penyakit yang diderita. 

Nyeri punggung bisa diobati. Namun, kalau masih bisa dicegah dan dihindari hal-hal yang bisa memicu sakit atau nyeri pada punggung, untuk apa diobati? Nah, kami sudah merangkum beberapa tips dari laman Medical News Today agar kamu bisa melakukan pencegahan nyeri punggung.
 

1. Latihan olahraga teratur


Aktivitas aerobik berdampak rendah yang dipandu dapat meningkatkan kesehatan jantung tanpa melelahkan atau menyentak punggung. Konsultasikan kepada ahli perawatan kesehatan sebelum memulai program olahraga.
 

2. Jaga pola makan


Nutrisi yang kita asup akan memengaruhi kekuatan tulang punggung dan sekitar tulang belakang. Pastikan kalsium dan vitamin D tercukupi untuk kesehatan tulang. 
 

3. Berhenti merokok


Persentase perokok yang secara signifikan lebih tinggi memiliki insiden nyeri punggung dibandingkan dengan bukan perokok pada usia, tinggi, dan berat yang sama.


cara mencegah nyeri punggung
(Menurut Cleveland Clinic, postur tubuh yang baik dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Secara spesifik, posisi tubuh yang baik memiliki dampak positif seperti mencegah sakit punggung dan otot. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

4. Perbaiki postur saat berdiri


Pastikan saat berdiri, postur kamu berdiro tegak, kepala menghadap ke depan, punggung lurus, dan seimbangkan berat badan secara merata di kedua kaki. Jaga agar kaki kamu lurus dan kepala kamu sejajar dengan tulang belakangmu.
 

5. Perbaiki postur saat duduk 


Bila kamu sedang bekerja, pastikan tempat duduk memiliki penyangga punggung (idealnya pada punggung bagian bawah), sandaran tangan, dan alas putar yang baik. Cobalah jaga lutut dan pinggul agar sejajar dan menjaga kaki tetap rata di lantai atau gunakan tumpuan kaki. 
 

6. Perhatikan saat mengangkat barang


Gunakan kaki untuk melakukan pengangkatan saat mengangkat barang. Jaga punggung selurus mungkin, pisahkan kaki dengan satu kaki sedikit ke depan sehingga keseimbangan terjaga. Tekuk hanya di lutut, pegang beban dekat dengan tubuh dan luruskan kaki sambil mengubah posisi punggung sesedikit mungkin.
 

7. Pemilihan tempat tidur


Pilihlah kasur yang mampu menjaga tulang belakang tetap lurus, ekaligus menopanh bahi dan pantat. Gunakan bantal, tetapi bukan bantal yang memaksa posisi leher miring.
(TIN)

MOST SEARCH