FITNESS & HEALTH

Fakta-fakta Mengenai Nutrisi yang Terkandung pada Madu

Raka Lestari
Selasa 10 November 2020 / 17:00
Jakarta: Madu merupakan salah satu cairan alamiah yang terkenal baik untuk kesehatan. Berbagai jenis penyakit juga bisa diobati dengan madu.

Akan tetapi, bagaimanapun madu merupakan salah satu sumber gula dan sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan terutama bagi pasien diabetes. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam satu sendok makan madu murni (21 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

- Kalori: 64
- Lemak: 0 gram
- Sodium: 0 mg
- Karbihidrat: 17 gram
- Serat: 0 gram
- Gula: 17 gram
- Protein: 0 gram
- Karbohidrat

Kalori yang terdapat pada madu berasal dari karbohidrat, lebih spesifiknya gula. Kandungan gula pada madu adalah sekitar 50 persen glukosa dan 50 persen fruktosa. Kandungan glikemik indeks pada madu bervariasi, tergantung pada jenis madu yang dipilih.
 

- Protein


Madu dapat mengandung sejumlah protein tergantung dari jenis madunya dan bisa mencapai 0,06 gram pada beberapa jenis madu. Tetapi jumlah tersebut tidak cukup dalam mencukupi kebutuhan protein harian seseorang.
 

- Vitamin dan mineral


Kandungan vitamin dan mineral pada madu di antaranya adalah vitamin B, kalsium, tembaga, zat besi, iron, dan lainnya, yang pada umumnya merupakan turunan dari tanah dan tanaman penghasil nektar.

Kualitas madu dan kandungan mineralnya ditentukan oleh di mana ditanam dan bagaimana prosesnya. Pada umumnya, madu yang berwarna lebih gelap memiliki vitamin dan mineral yang bermanfaat dibandingkan madu yang berwarna pucat.

“Karena kandungan fruktosanya yang tinggi, madu sekitar satu hingga satu setengah kali lebih manis daripada gula,” kata Melissa Joy Dobbins, RD.

Dalam artian, kamu dapat menggunakan lebih sedikit saat sedang memasak, dan tetap mendapatkan rasa manis yang sama seperti gula biasa.
(FIR)

MOST SEARCH