End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Organ Intim Tetap Sehat, Ikuti 6 Aturan Kebersihan Usai Berhubungan Intim

Mia Vale
Selasa 24 Januari 2023 / 23:00
Jakarta: Nyaman dengan pasangan dengan berpelukan usai berhubungan intim yang menyenangkan, bisa membantu memperkuat ikatan kalian berdua. Namun, bagi para wanita, jangan lupa memberikan perhatian dan perawatan yang layak untuk vagina.

Pasalnya, sangat penting bagi untuk mengikuti semua aturan demi menjaga kebersihan organ vital kamu.

Saat seseorang mengalami gairah seksual, tubuh akan mengeluarkan cairan yang bisa saja mengandung bakteri dan dapat ditularkan dari orang ke orang lain melalui darah, sperma, vagina, atau cairan tubuh lainnya. 

Ini adalah sumber Infeksi Menular Seksual (IMS) atau Penyakit Menular Seksual (PMS) yang paling umum. Nah, untuk kaum hawa, Dr Manjiri Mehta, Konsultan Ginekolog, Rumah Sakit Hiranandani, Vashi – Rumah Sakit jaringan Fortis, merekomendasikan praktik yang benar dalam membersihkan vagina pasca berhubungan intim untuk menghindari risiko infeksi. 

Baginya, hal ini penting untuk menghindari masalah jangka pendek dan jangka panjang. Yuk, kita simak apa yang sudah dirangkum oleh HealthShots untuk kamu.


(Manfaat buang air kecil setelah berhubungan intim ini lebih terasa pada wanita mengingat saluran uretra pada wanita yang berdekatan. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)
 

1. Buang air kecil


Kedua pasangan harus memastikan untuk buang air kecil setelah berhubungan. Kamu tidak perlu melompat dari tempat tidur segera setelah beraksi, tetapi pastikan untuk melakukannya dan tidak tertidur sebelum melakukannya. Buang air kecil membantu membuang kuman yang nantinya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Minum banyak air juga sangat membantu.
 

2. Cuci organ intim


Mencuci bagian pribadi dengan lembut sangat penting. Jangan gunakan air panas, sabun keras atau beraroma, dan produk berbahan kimia apa pun untuk membersihkan vagina. Cukup bersihkan bagian luar (vulva), tidak perlu membersihkan bagian dalam vagina dengan keras, karena vagina memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri.
 

3. Ganti pakaian dalam


Hal ini dilakukan karena pakaian dapat ternoda oleh cairan tubuh yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, kenakan hanya celana dalam berbahan katun, karena dapat bernapas untuk kulit dan dapat dengan mudah menyerap keringat.
 

4. Perhatikan ruam


Jika memiliki lesi, atau ruam di dekat area pribadi atau jika merasakan iritasi atau rasa terbakar pada kulit atau terbakar saat buang air kecil, atau rasa sakit apa pun di bagian pribadi, konsultasikan dengan dokter sedini mungkin karena ini dapat mengindikasikan bahwa kulit rusak.
 

5. Waspadai gejala infeksi


Cari kotoran, nyeri, lecet, bintik-bintik, di dekat area genital kamu. Jika menemukan gejala seperti itu, periksakan diri untuk penyakit menular seksual (PMS), karena itu bisa menjadi gejala yang sama. Jangan takut atau mencari solusi secara online, konsultasikan dengan ahlinya.
 

6. Hindari penggunaan produk


Jangan gunakan produk yang dijual bebas atau pencuci intim untuk membersihkan atau untuk perawatan masalah apa pun setelah tindakan tanpa berkonsultasi dengan dokter karena dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

(TIN)

MOST SEARCH