FITNESS & HEALTH

Hindari 5 Menu Sarapan Ini jika Kamu Punya Diabetes

Raka Lestari
Selasa 18 Januari 2022 / 14:52
Jakarta: Meskipun sarapan menjadi hal yang penting, tetapi tidak semua jenis makanan bisa dijadikan sarapan bagi mereka yang memiliki diabetes. Sebab, jenis-jenis makanan tertentu justru bisa menimbulkan bahaya bagi pasien diabetes. Sehingga dalam pemilihan sarapan, pasien diabetes harus memilihnya dengan hati-hati.

Dilansir dari Eating Well, berikut ini adalah beberapa jenis sarapan yang sebaiknya dihindari bagi para pasien diabetes:
 

1. Sosis dan telur


Toby Smithson, seorang ahli gaya hidup diabetes sekaligus penulis buku Diabetes Meal Plannng and Nuttrition fur Dummies mengatakan, jika kamu mencari sarapan rendah karbohidrat mungkin akan memilih sosis dan telur.

Sayangnya, kedua makanan tersebut memiliki lemak jenuh yang tinggi. Sehingga dapat meningkatkan risiko untuk penyakit jantung. Pasalnya, seseorang dengan diabetes memiliki risiko tinggi untuk penyakit jantung.
 

2. Sereal


Ahli diet Melissa Halas, M.A., R.D.N., C.D.E. dari Melissa's Healthy Living mengatakan bahwa sereal dengan kandungan gula yang tinggi tidak cocok dikonsumsi oleh pasien diabetes. Ketika mengonsumsinya, maka sangat mungkin kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, bahkan sereal yang mengandung serat tinggi pun bisa mengandung gula yang tinggi.
 

3. Yogurt dengan gula tambahan


Yogurt yang ditambahkan buah atau perasa juga bisa memiliki tambahan gula yang cukup banyak. Sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah.

Meski memang menyediakan protein, yogurt juga menyediakan gula alami dalam bentuk laktosa. Untuk itu, pilih yogurt tanpa rasa dan tambahkan rasamu sendiri dengan sedikit pemanis atau buah segar atau beku.
 

4. Jus buah


Mengonsumsi jus buah untuk sarapan terlihat menjadi pilihan yang sehat. Apalagi, jika kamu memilih jus dengan buah asli yang kamu olah sendiri.

Akan tetapi, jus buah dapat mengandung karbohidrat dalam jumlah yang sama seperti satu kaleng soda dan bisa menyebabkan peningkatan gula darah. Jus buah sangat cepat dicerna dan tidak akan membantu membuatmu merasa kenyang, tidak seperti jika makan buah secara utuh.
 

5. Pancakes


Setumpuk pancake yang ditaburi mentega dan sirup maple memang enak. Tapi belum tentu menjadi pilihan terbaik jika kamu memiliki diabetes.

Kandungan karbohidrat, mulai dari pancakes dan sirup dapat meningkatkan gula darah dan tidak mengandung serat yang cukup. Sehingga memperlambat penyerapan di aliran darah.
(FIR)

MOST SEARCH