FITNESS & HEALTH

Jarang Diketahui, 5 Fakta tentang Diabetes dan Penyakit Jantung

Yuni Yuli Yanti
Selasa 19 Juli 2022 / 11:00
Jakarta: Diabetes dan penyakit jantung adalag penyakit kronis yang berlangsung jangka panjang. Kedua penyakit ini termasuk berbahaya dan mematikan. Menurut Data milik Kementerian Kesehatan yang diperoleh dari Sample Registration Survey 2014 menunjukkan diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia dengan persentase sebesar 6,7 persen, setelah stroke (21,1 persen), dan penyakit jantung koroner (12,9 persen).

Sedangkan, berdasarkan data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi sebanyak 10,3 juta jiwa. Jika tidak ditangani dengan baik, World Health Organization (WHO) bahkan mengestimasikan angka kejadian diabetes di Indonesia akan melonjak drastis menjadi 21,3 juta jiwa pada 2030.

Sementara, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung koroner merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia, bahkan juga di Indonesia. Nah, orang dewasa dengan diabetes, memiliki risiko 2 hingga 4 kali lipat lebih besar untuk meninggal akibat penyakit jantung koroner dibandingkan yang tidak menderita diabetes. 


(Diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Namun, bukan cuma itu keterkaitan antara diabetes dan penyakit jantung. Melansir dari CNN Health, terdapat lima fakta tentang kedua penyakit mematikan tersebut yang jarang diketahui, di antaranya:  

1. Gula darah tinggi akibat diabetes merusak pembuluh darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, tetapi itu bukan satu-satunya cara penyakit jantung dan diabetes terkait.

2. Diabetes menyebabkan peradangan pada lapisan arteri, sehingga plak lebih mudah menumpuk dan membatasi aliran darah ke jantung.

3. Dengan diabetes, gumpalan darah lebih mungkin terbentuk. Jika mereka memblokir arteri yang membawa darah ke jantung, ini dapat menyebabkan serangan jantung.

4. Orang dengan diabetes lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung lebih awal daripada mereka yang tidak menderita diabetes.

5. Risiko kematian akibat penyakit jantung sekitar dua sampai empat kali lebih tinggi bagi penderita diabetes. Untungnya, diabetes dapat dikendalikan, dan menjaga gula darah tetap terkendali dapat menurunkan risiko ini.
(yyy)

MOST SEARCH