FITNESS & HEALTH

Tanda Kamu Lelah Secara Mental

Kumara Anggita
Rabu 28 Oktober 2020 / 07:04
Jakarta: Tak hanya tubuh yang bisa lelah, mental pun demikian. Namun sayangnya kelelahan mental ini sering tidak disadari karena gejalanya tak terlihat. 

Untuk mengetahui apa itu kelelahan mental dan tandanya, simak penjelasannya berikut. 

Dikutip dari Psychology Today, kelelahan mental tidak selalu merupakan hasil dari hal-hal yang tidak beres, atau gangguan besar apa pun. Ini lebih mungkin muncul dari akumulasi dari terlalu banyak hal dalam hidup seperti terlalu banyak interupsi, tuntutan, ancaman dan lain-lain tanpa waktu jeda dan pemulihan.

Ini perlu segera disadari dan diatasi karena semakin lelah kita secara mental, semakin tidak mampu kita memenuhi tuntutan hari itu. Kita jadi lebih sulit untuk membuat keputusan yang sehat, tetap fokus pada tugas, sulit mengatur emosi dan masih banyak lagi. 

Tanda dari kelelahan mental antara lain:


Kelelahan fisik


Tubuh kamu terasa lelah dan kamu lebih suka meringkuk di kursi taman atau tempat tidur daripada berlari di sore hari.


Ketidaksabaran dan Lekas marah


Kamu menjadi cepat marah dengan orang lain dan mungkin lebih cepat terpicu untuk marah atau kesal.


Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau fokus


Kelelahan mental juga membuat kamu jadi lebih sulit untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Kamu mungkin merasa lebih sulit untuk membuat keputusan, menemukan kata yang tepat, atau fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu.

Jadi bila kamu sudah merasakan hal-hal ini, lebih baik kamu istirahat sejenak. Lakukanlah aktivitas-aktivitas menyenangkan yang selama ini telah kamu tunda.
(YDH)

MOST SEARCH