FITNESS & HEALTH

Dialami Luna Maya, Ini Indikasi Gejala Varian Omicron yang Mirip Flu

Sri Yanti Nainggolan
Jumat 18 Februari 2022 / 17:34
Jakarta: Luna Maya mengaku terpapar virus covid-19 varian omicron. Dirinya mengalami gejala seperti flu. 

"Akhirnya kembali lagi di kantor. Cerita dikit kemarin selama enam hari lima malam sempat babang Omi (Omicron) datang menghampiri," ungkap Luna Maya di kanal YouTube Luna Maya dikutip Jumat, 18 Februari 2022. 

Ketika dinyatakan positif covid-19, Luna Maya awalnya sempat ketakutan. Pasalnya, dia punya komorbid penyakit asma. Tapi untungnya Luna tidak mengalami gejala berat.

Baca: Luna Maya Terpapar Omicron, Sempat Ketakutan karena Punya Komorbid

Di hari pertama, Luna Maya mengalami gejala demam hingga flu berat. Namun, di hari kedua keadaannya semakin menunjukkan perkembangan baik. Selama isolasi, Luna banyak beristirahat dan minum vitamin hingga konsumsi makanan sehat.

"Alhamdulillah dapat rezeki gejalanya enggak berat ya. Sejauh ini aku enggak panik, pas aku nyoba santai, rasanya kayak flu biasa," ucap Luna Maya. 
 

Gejala Omicron mirip flu biasa

Para ilmuan Zoe Covid Study di Inggris mengeklaim gejala covid-19 varian Omicron mirip gejala flu biasa. Terdapat lima gejala umum yang dilaporkan pasien positif Omicron.  

Gejala umum Omicron, antara lain sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan, pilek, dan bersin-bersin. Data gejala ini didapat dari 171 pengguna aplikasi buatan Zoe Covid per Jumat, 24 Desember 2021. 
 
"Untuk sebagian orang yang positif Omicron merasakan gejala mirip flu biasa, mulai dari sakit tenggorokan, pilek, dan sakit kepala," kata Profesor Epidemiologi Genetik di King's College London sekaligus salah satu pendiri Zoe, Tim Spector dikutip dari Vox.

Baca: Anak Belum Cukup Umur buat Vaksin, Ini Cara Orang Tua Menyikapinya

Spector menuturkan, sebagian penderita varian Omicron juga melaporkan gejala umum mirip covid-19, seperti demam, batuk, atau kehilangan indra penciuman dan perasa. Para peneliti di Norwegia baru-baru ini melaporkan temuan serupa varian Omicron di antara tamu pesta Natal yang divaksinasi penuh. 

Dalam 87 kasus yang dikonfirmasi atau kemungkinan (probable) Omicron, gejala paling umum adalah batuk, pilek, hidung tersumbat, kelelahan, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Lebih dari setengahnya melaporkan demam, sementara 23 persen mengalami kehilangan indra perasa, dan 12 persen mengalami penurunan penciuman. 
(SYN)

MOST SEARCH