FITNESS & HEALTH

Sering Menggunakan Gadget Berlebihan? Ini 6 Cara agar Mata tetap Sehat

Medcom
Sabtu 19 November 2022 / 09:18
Jakarta: Apakah kamu termasuk orang yang aktif menggunakan gadget? Sebagai masyarakat yang hidup di era modern dengan banyak teknologi canggih, kerap kali kita menghabiskan terlalu banyak waktu menatap layar.

Hal ini bisa menyebabkan ketegangan pada mata dan cenderung kurang berkedip saat menatap cahaya biru dari layar. Sehingga pergerakan layar membuat mata bekerja lebih keras untuk fokus.
 

Apakah menatap layar terlalu sering berbahaya bagi kesehatan mata?


Saat ini, paparan teknologi digital tidak terbatas pada orang dewasa dan begitupun pada anak. Banyak orang dewasa dan anak-anak mengalami ketidaknyamanan mata dan masalah penglihatan akibat penggunaan komputer, tablet, e-reader, dan ponsel dalam waktu lama.

The American Optometric Association mengatakan masalah terkait penglihatan adalah jenis keluhan kesehatan yang paling umum di kalangan pekerja komputer. Studi menunjukkan 50-90% pengguna komputer mengalami gejala yang mengindikasikan sindrom penglihatan komputer. Selain itu, tingkat ketidaknyamanan tampaknya semakin buruk ketika seseorang semakin lama menatap layar.

Beberapa efek samping yang terjadi bila terlalu lalma menatap layar seperti, ketegangan mata, sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, nyeri leher dan bahu. Gejala tambahan pada anak-anak termasuk berkurangnya rentang perhatian, perilaku buruk, dan lekas marah, yang semuanya kontraproduktif untuk belajar.
 

Begini cara pemakaian layar yang tepat agar kesehatan mata tetap terjaga:


1. Atur layar komputer agar berada pada posisi yang benar dalam kaitannya dengan mata.  Bagian atas layar harus sejajar dengan ketinggian mata dan ditempatkan sekitar 18-30 inci dari tempat duduk.

 2. Miringkan layar sedikit ke belakang – sekitar 10 hingga 15 derajat tergantung pada preferensi masing-masing. Mempertahankan sudut ke bawah ini mengurangi tekanan pada otot mata dan juga membantu mencegah silau dari lampu langit-langit.

 3. Seimbangkan kecerahan layar komputer dengan ruangan. Sesuaikan lampu meja dan tirai jendela agar cahaya tidak langsung menyinari layar.

 4. Bersihkan layar komputer secara teratur untuk menghindari penumpukan statis dan debu. Cara ini dapat mengaburkan kejernihan layar dan menyebabkan iritasi mata.

 5. Untuk membantu mencegah atau meringankan mata kering yang ada, gunakan pelembap udara untuk menambah humidity. Cobalah melumasi obat tetes mata sebelum menggunakan komputer dan sepanjang hari. Dokter matamu dapat merekomendasikan obat tetes mata yang sesuai.

 6. Luangkan waktu untuk berkedip saat melihat layar. Melakukannya membersihkan mata dengan cairan terapi alami.  Selain itu, ikuti aturan 20-20-20 dengan beristirahat selama 20 detik untuk melihat objek sejauh 20 kaki setiap 20 menit.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH