FITNESS & HEALTH

SBY Mengidap Kanker Prostat, Apakah Bisa Sembuh?

Cindy
Selasa 02 November 2021 / 13:48
Jakarta: Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan didiagnosis menderita kanker prostat. SBY bakal bertolak ke luar negeri untuk menjalani pengobatan.

"Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, melalui keterangan tertulis, Selasa, 2 November 2021.

Ossy menyebut kanker prostat SBY masih stadium awal. Kanker itu tidak menganggu aktivitas SBY. 

"Selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari," kata Ossy.

Baca: SBY Mengidap Kanker Prostat

Lantas seberapa besar risiko kanker prostat dan apakah bisa sembuh? Simak penjelasan selengkapnya. 

Penyebab kanker prostat

Melansir Urology Health, kanker ini menjadi penyebab utama kematian akibat kanker pada pria di Amerika Serikat. Penyebab utama kanker prostat sebagian besar tidak diketahui. 

Namun, pola hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok menjadi faktor risiko tertinggi penyebab terjadinya kanker prostat. Merokok bahkan disebut dapat meningkatkan risiko kanker prostat 2 kali lipat. 

Selain itu, seiring bertambahnya usia, maka risiko terjangkit kanker prostat akan meningkat. Kebanyakan kasus berkembang pada pria berusia di atas 50 tahun. Pria dengan riwayat keluarga, misalnya ayah atau saudara laki-laki, yang memiliki kanker prostat juga meningkarkan risiko kanker prostat 2-3 kali lebih tinggi. 

Apakah kanker prostat bisa sembuh?

Ilustrasi perawatan kanker prostat. Freepik.jpg
Ilustrasi perawatan kanker prostat. Freepik.

Dikutip dari Pasadena Cyberknife, kanker prostat bisa disembuhkan selama kanker terdiagnosis dan diobati sejak stadium awal. Lebih dari 90 persen kasus kanker prostat ditemukan pada tahap awal, membuat tumor lebih mungkin merespons pengobatan.

Melansir American Cancer Society, pengobatan yang mungkin bisa menyembuhkan kanker prostat stadium awal, yakni operasi, terapi radiasi, cryotheraphy, terapi hormon, kemoterapi, imunoterapi, hingga terapi target untuk kanker prostat. 

Baca: SBY Idap Kanker Prostat, Kenali Faktor, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Namun, jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain maka kanker tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan biasanya untuk memperpanjang hidup dan menghilangkan gejala. 

Tingkat kelangsungan hidup penderita kanker prostat

Terlepas dari jenis kankernya, dokter menganggap pasien betul-betul sembuh bila pasien bebas kanker selama jangka waktu tertentu setelah pengobatan. Misalnya, kanker tidak kembali berkembang setelah lima tahun atau lebih usai diobati. 

Semakin tinggi jumlah pasien yang bebas kanker selama lima tahun atau lebih, semakin tinggi kesembuhan penyakit tersebut. Pasalnya, kanker prostat memiliki tingkat kesembuhan tertinggi dari semua jenis kanker karena deteksi dini dan kemajuan teknologi pengobatan. 

Lebih dari 90 persen pria yang didiagnosis dengan kanker prostat hidup selama lima tahun atau lebih setelah pengobatan. Ini menjadikan kanker prostat sebagai salah satu jenis kanker yang paling dapat disembuhkan.
(MBM)

MOST SEARCH