FITNESS & HEALTH

Patut Dicoba! Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Membantumu Perpanjang Usia

Raka Lestari
Rabu 06 Januari 2021 / 08:00
Jakarta: Tidak ada manusia yang bisa hidup selamanya, tetapi kamu bisa memperpanjang usia dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Untuk memperpanjang usia, kamu bisa mulai dengan meningkatkan kualitas hidup. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dilansir dari Real Buzz, berikut ini adalah makanan-makanan sehat yang bisa membantu memperpanjang usiamu:
 

1. Sayuran dan buah berwarna cerah


Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang tidak, karena nutrisi yang dikandungnya. Masyarakat yang tinggal di Okinawa, Jepang, terkenal memiliki harapan hidup terpanjang di dunia dan memiliki tingkat penyakit jantung dan kanker yang rendah. Rahasianya. mereka memiliki pola makan yang kaya akan buah dan sayuran, terutama yang berwarna hijau tua dan kuning.
 

2. Minyak ikan


Minyak ikan merupakan sumber vitamin A dan D yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kerusakan otak, dan stroke. Para ilmuwan juga menemukan bahwa DHA (asam docosahexaenoic) pada ikan adalah kunci untuk memerangi Alzheimer.
 

3. Teh hijau


Penelitian bahkan menunjukkan bahwa minum teh hijau yang kaya akan flavonoid dan meningkatkan kesehatan dapat membantu menurunkan risiko kanker. Temuan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa, mereka yang minum lima cangkir atau lebih teh hijau sehari memiliki tingkat kematian lebih rendah sebesar 16 persen.
 

4. Minyak zaitun


Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Sebab kandungan mikronutriennya yang tinggi yang disebut fenol yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Minyak juga merupakan makanan pokok pada diet Mediterania, yang menurut penelitian dapat membantu hidup lebih lama.
 

5. Bawang putih


Bawang putih juga mengandung senyawa peningkat kekebalan yang membantu memecah zat penyebab kanker. Salah satunya adalah dialil sulfida.

Sulfida merupakan komponen bawang putih yang dikenal karena kemampuannya memecah karsinogen dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kanker jika tidak dihancurkan. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi bawang putih secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker perut.
(FIR)

MOST SEARCH