FITNESS & HEALTH

Menkes Fokus Membenahi Sistem Kesehatan Publik

Raka Lestari
Kamis 28 Januari 2021 / 15:28
Jakarta: Pandemi covid-19 masih terjadi di Indonesia, bahkan saat ini sudah menembus 1 juta kasus konfirmasi positif covid-19. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi semua pihak. Pemerintah pun melakukan berbagai langkah untuk mengatasi pandemi covid-19 di Indonesia.

“Nomor satu yang harus diberesin adalah health ecosystem atau ekosistem kesehatannya. Dan yang kedua adalah diagnostic. Mulai dari testing dan tracing, itu mesti jelas. Ketiga adalah therapeutic, dan yang keempat adalah vaksin,” ujar Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, dalam acara Media Group News Summit 2021, pada Rabu 27 Januari 2021.

Menurut Budi, memang vaksin merupakan salah satu komponen penting. Tetapi yang paling penting adalah perbaikan dari sistem kesehatan publik, termasuk juga perubahan perilaku.

“Mau mengubah perilaku dan budaya pasca pandemi ini yang penting. Kalau salah satu dari yang empat tadi pincang, tidak selesai ini pandemi,” tutur Budi Gunadi.

“Memang di bawah Kemenkes itu testing dan tracing yang perlu dibereskan. Dan tracing kita memang masih sangat kurang. Seharusnya, ketika satu orang positif langsung melakukan trace 30 orang. Kita rata-rata masih sekitar 2 koma,” ujar Budi Gunadi.

Menurut Budi, testing dan tracing ini sangat berguna untuk mengidentifikasi secara cepat siapa saja yang kena. Supaya bisa isolasi dan flattening the curve, untuk itu diperlukan testing dan tacing.

"Dengan begitu, mengurangi laju penularan sehingga bisa ditangani oleh rumah sakit. Dan rumah saking bisa punya waktu cukup untuk langkah pencegahan dan vaksinasi,” tambah Budi Gunadi.

Mengenai kasus positif covid-19 yang mencapai 1 juta di Indonesia, Budi Gunadi menyarankan kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas secara terukur. Melakukan kegiatan ekonomi juga sebaiknya secara virtual. Kurangi mobilitas dan yang paling penting masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

“Itu adalah yang harus dilakukan. Dan untuk para ibu-ibu, mungkin bisa mengingatkan keluarga jika ada yang tidak memakai masker bisa langsung ditegur. Itulah yang saat ini bisa dilakukan, dan yang bisa dikontrol. Saya hanya bisa menghimbau, tetapi itu semua kembali ke diri kita,” tutup Budi Gunadi.
(FIR)

MOST SEARCH