FITNESS & HEALTH

5 Jenis Olahraga yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Selasa 26 Oktober 2021 / 12:21
Jakarta: Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga. Selain menjaga pola makan yang sehat, olahraga yang tepat juga berkontribusi dalam program penurunan berat badan yang sedang kamu lakukan.

Lalu, apa saja olahraga yang bisa membantu penurunan berat badan? Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah olahraga yang bisa kamu lakukan jika ingin menurunkan berat badan:
 

1. Lompat tali


"Lompat tali sangat bagus untuk mengembangkan koordinasi, kekuatan betis, dan pergelangan kaki, kekuatan inti, postur tubuh, dan daya tahan kardiovaskular," jelas ahli gizi Gabbi Berkow, CPT.

Lompat tali juga membantu membangun kepadatan tulang, yang mencegah keropos tulang, osteoporosis, dan keropos tulang. Idealnya, cara terbaik untuk mulai lompat tali adalah dengan pelan-pelan dan melakukannya selama 20 hingga 30 detik.
 

2. Sprint


“Melakukan sprint latihan maksimal yang membutuhkan banyak tenaga dari glutes dan hamstring kamu,” jelas Berkow.

Dengan melakukannya secara rutin, kamu membangun daya tahan kardiovaskular dan mendorong pembakaran lemak.

Terapis fisik dan pelatih kebugaran Laura Miranda, CSCS, DPT, juga mengatakan, jika kamu ingin menambah usaha bisa dengan melakukan sprint secara konstan selama 20 detik.
 

3. Kickboxing


“Kickboxing melatih tubuh bagian atas dan inti tanpa banyak berdampak pada kaki. Jadi, olahraga ini sangat bagus jika kamu tidak bisa melompat atau mengalami nyeri lutut saat melompat,” kata Berkow.

Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Muscles, Ligaments, and Tendons Journal, kickboxing telah terbukti meningkatkan kardio, kekuatan, kelincahan, keseimbangan, koordinasi, kebugaran tubuh bagian atas, dan kekuatan aerobik.
 

4. Lari


"Selain melatih otot besar di kaki, lari juga merupakan jenis olahraga high impact. Kamu harus mendorong berat badan kamu dari tanah dengan setiap langkah," kata Berkow.

Saran Berkow, jika kamu baru dalam olahraga lari, gunakan rasio 1: 2 antara berlari dengan istirahat, atau pulihkan dua kali lipat setiap kamu selesai berlari.
 

5. Naik turun tangga


Jika kamu tidak suka melakukan olahraga sprint, bisa menggantinya dengan melakukan naik turun tangga. Sebab menaiki dan menuruni tangga membakar banyak kalori dan melatih kaki dan pinggul, yang merupakan otot yang benar-benar perlu diperkuat setelah duduk seharian.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, selain mempromosikan penurunan lemak, naik turun tangga dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kebugaran anaerobik.
(FIR)

MOST SEARCH