FITNESS & HEALTH

5 Minuman Ini Bisa Redakan Nyeri Haid

Cindy
Kamis 11 November 2021 / 10:00
Jakarta: Sebagian besar wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan nyeri haid yang dirasakan setiap datang bulan. Biasanya, kram menstruasi ini terjadi di perut bagian bawah. 

Rasa nyeri ketika haid bisa ringan, tapi bisa juga cukup berat hingga menganggu aktivitas sehari-hari. Bagi Anda yang ingin mengusir rasa sakit saat menstruasi, Anda bisa mencoba lima jenis minuman ini yang dapat meredakan nyeri haid.

1. Air putih

Ilustrasi air putih. Medicaldaily
Ilustrasi air putih. Foto: Medicaldaily.com.

Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu mengurangi gejala kram menstruasi. Biasakan minum setidaknya 6 hingga 8 gelas air per hari, terutama selama menstruasi. 

Agar terasa lebih enak, Anda bisa menambahkan beberapa mint atau irisan lemon. Anda juga bisa memilih minum air dengan kondisi hangat, sehingga perut terasa lebih nyaman. 

2. Teh kamomil

Teh kamomil. Freepik
Ilustrasi teh kamomil atau chamomile. Foto: Freepik.

Kamomil dikenal sebagai antiinflamasi, spasmolitik, sedikit penenang dan karminatif yang alami. Sifat antiinflamasi dan spasmolitik membantu meredakan rasa tak nyaman selama haid. 

Kamomil sendiri merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga bunga matahari. Bentuknya hampir sama, namun lebih kecil dan berwarna putih. Seduhlah beberapa daun dan bunga kamomil untuk membuat tubuh baikan. 

Baca: 7 Cara Alami dan Aman Percepat Menstruasi
 

3. Rebusan jahe

air jahe. istock
Ilustrasi air jahe. Foto: istock.

Beberapa studi menemukan bahwa konsumsi jahe selama menstruasi membantu meredakan nyeri haid. Hal ini karena jahe mengandung atsiri tinggi serta gingerol yang mampu menahan prostaglandin (kelenjar prostat). 
Anda bisa membuatnya dengan cara merebus jahe serta diberi sedikit gula. Anda juga bisa memasukkan potongan jahe pada teh atau air hangat. 

4. Jus nanas

jus nanas. khasiat.co.id
Ilustrasi jus nanas. Foto: khasiat.co.id.

Enzim bromelia yang terdapat pada nanas dapat membantu meredakan ketegangan otot akibat menstruasi. Saat terjadi ketegangan otot, Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa. Akibatnya, Anda akan terus-terusan meringkuk. 

Nah, nanas yang diolah menjadi jus ini bisa menjadi alternatifnya. Mengonsumsi jus nanas dapat membuat Anda mengurangi meringkuk dan mengerang karena nyeri yang amat menekan di bawah perut.

5. Smoothie

smoothie buah. sheknows
Ilustrasi smoothie buah. Foto: sheknows.

Selain menjadi menu diet, smoothie juga bisa meredakan nyeri haid, lho. Smoothie apel dan pisang yang kaya akan vitamin B akan membantu Anda melawan kram menstruasi. 

Anda juga bisa menambahkan susu kedelai atau yogurt untuk menambah kalsium. Serta menaburkan beberapa kacang mede yang kadar magnesiumnya dapat mengurangi rasa kram. 

Pilihan smoothie lainnya seperti bayam dan kangkung juga dapat meredakan nyeri haid. Sebab, kadar kalsium pada kedua sayuran itu bisa meredakan nyeri haid. 

Nah, itulah kelima minuman yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan nyeri haid. Perlu diingat, Anda juga harus menghindari atau membatasi asupan beberapa minuman saat haid, seperti minuman berkafein, beralkohol, dan minuman bersoda. Sebab, minuman itu dapat menyebabkan perut kembung dan menambah nyeri haid. 

Baca: Posisi Tidur yang Tepat saat Menstruasi Menurut Ahli
(CIN)

MOST SEARCH