FAMILY

5 Tips Sederhana Bikin Bayi Tidur Nyenyak

Yatin Suleha
Minggu 10 Januari 2021 / 07:00
Jakarta: Setelah si kecil lahir bahasa utamanya adalah menangis sampai beberapa bulan di awal kehidupannya. Pertama hal ini bagi ibu baru cukup membuat stres.

Sulit mengira-ngira apa yang si kecil inginkan. Apakah ia lapar, haus, popoknya sudah penuh dan merasa tak nyaman atau bisa jadi ada yang ia rasakan di tubuhnya yang membuatnya sakit.

Untuk mengatasinya buku The Baby Sleep Guide oleh Stephanie Modell memberikan tips sederhana agar bayi bisa tidur nyenyak:
 

1. Bedakan antara siang dan malam


Agar ia mengenal waktu tidur ajarkan ia mengenai perbedaan siang dan malam. Berikan cukup banyak kegiatan untuknya di waktu pagi, misalnya kamu bisa mengajaknya jalan-jalan di sekitar rumah atau taman agar ia bisa merasakan cahaya matahari yang hangat dan udara pagi yang segar. 

Saat bayi tidur siang kamu tidak perlu mengurangi suara di sekitarnya. Pada malam hari, kondisikan ruang tidurnya dengan cahaya redup, kurangi kebisingan, dan lakukan kegiatan pengantar tidur, misalnya melap tubuhnya, mengganti pakaian, dan bersenandung. Pastikan kamarnya nyaman agar tidurnya tenang.
 

2. Jadwal tidur teratur


Buat jadwal tidur yang teratur sehingga kamu bisa memperkirakan kapan ia mengantuk dan butuh tidur. Biasakan meredupkan cahaya lampu agar secara alami hormon melatonin yang mengatur pola tidur bisa bekerja.
 

3. Membuat rutinitas


Buatlah rutinitas bagi si kecil. Perkenalkan pola sederhana, seperti: bangun tidur, makan, bermain, lalu tidur lagi. Hindari pola kebiasaan makan lalu tidur demi kesehatan masa dewasanya.
 

4. Berikan jeda sebelum waktu tidur


Biasanya ia rewel saat akan tidur, hindari kebiasaan tergesa-gesa menidurkannya. Berikan ia waktu untuk menenangkan dirinya sendiri sebelum ia benar-benar terlelap. Pelajaran ini baik untuknya, agar saat ia terbangun di malam hari, ia bisa tidur kembali sendiri.
 

5. Tidurkan saat kantuk semakin dalam


Baringkan ia  di tempat tidurnya, ketika ia sudah terlihat mengantuk namun belum benar-benar tertidur. Dalam jangka panjang, hal ini membantunya untuk tidur sepanjang malam.
(TIN)

MOST SEARCH