FAMILY

Pentingnya Konsumsi Vitamin Prenatal dalam Mempersiapkan Kehamilan

Raka Lestari
Jumat 09 Oktober 2020 / 10:29
Jakarta: Mengonsumsi vitamin pada masa kehamilan memang diperlukan untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam perut. Akan tetapi, kamu juga perlu tahu bahwa ada vitamin prenatal yang bisa dikonsumsi ketika sedang mempersiapkan kehamilan. 

“Vitamin prenatal berfungsi untuk mengisi setiap kebutuhan nutrisi dan menyediakan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan saat terjadinya kehamilan. Terutama magnesium, seng, kalsium, vitamin B dan C, dan folat,” kata G. Thomas Ruiz, MD, dokter spesialis obstetri dan ginekologi di MemorialCare Orange Coast Medical Center di California. 

Sedangkan, menurut Tiffany Woodus, MD, seorang dokter kandungan di Woodus Obstetrics & Gynecology di Texas, sayangnya diet yang biasa dikonsumsi sehari-hari biasanya tidak cukup untuk memberikan semua vitamin yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

“Kebanyakan wanita tidak mengonsumsi nutrisi penting yang telah terbukti dapat memberikan awal yang terbaik bagi bayi dalam kandungan,” ujar Dr Woodus. Selain berguna untuk pertumbuhan bayi, studi juga menunjukkan bahwa suplemen tertentu dapat menurunkan risiko kondisi tertentu baik bagi ibu maupun bayi dalam kandungannya. 

“Vitamin prenatal dapat membantu menurunkan risiko mual dan muntah, cacat lahir, serta kelahiran prematur. Manfaat ini dapat sangat efektif jika wanita mengonsumsi vitamin prenatal sebelum melakukan program kehamilan,” tambah Dr Woodus. 


(Mengonsumsi vitamin pada masa kehamilan memang diperlukan untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam perut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Suplemen folat (atau asam folat) memang sangat penting karena telah terbukti mengurangi cacat tabung saraf pada bayi, yang merupakan kondisi yang melibatkan otak dan tulang belakang bayi. Menurut sebuah studi di Journal of Epidemiology, asam folat juga dapat mengurangi risiko gangguan spektrum autisme.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa ketika vitamin prenatal dikonsumsi sebelum kehamilan atau selama awal kehamilan, risiko memiliki anak autisme menurun bahkan pada ibu dan anak yang rentan secara genetik. 

“Idealnya, Anda sebaiknya langsung mengonsumsi vitamin prenatal ini ketika sedang berencana untuk kehamilan,” kata Dr Ruiz. 

Meskipun, banyak yang menyebutkan bahwa mengonsumsi vitamin prenatal sebelum kehamilan dapat meningkatkan kesuburan, kenyataannya itu hanyalah mitos. 
(yyy)

MOST SEARCH