FAMILY

5 Fakta Tentang Kucing yang Perlu Kamu Ketahui

Raka Lestari
Selasa 18 Agustus 2020 / 16:07

Jakarta: Kebanyakan Cat Lovers, mungkin sudah mengetahui beberapa fakta mengenai hewan peliharaannya. Tapi, ada juga sebagian orang yang belum terlalu mengenal hewan kesayangannya tersebut ya. 

Seperti kita ketahui kucing merupakan salah satu hewan berkaki empat yang cukup dekat dengan manusia karena tingkahnya yang terkadang menggemaskan.

Nah, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai kucing yang perlu diketahui, diantaranya: 

Kucing tertarik pada orang-orang yang alergi terhadap mereka?

“Berkebalikan dari yang dianggap oleh orang kebanyakan, kucing tidak dapat mengetahui orang-orang yang alergi terhadap mereka,” ujar Gary Ritcher, seorang dokter hewan kepada Insider. 

Menurutnya, jika kucing memberikan perhatian lebih kepada seseorang yang alergi kucing, itu karena kucing sedang memberikan respons kepada seseorang yang alergi kucing tersebut.

“Orang yang alergi terhadap kucing cenderung menjauhi kucing, sehingga mengurangi ketakutan kucing terhadap orang yang tidak dikenalnya. Dan dengan begitu, kucing cenderung akan mendekati manusia terlebih dahulu,” kata Ritcher.

Kucing bisa mendeteksi seseorang yang sedang hamil?

Beberapa mitos menyebutkan bahwa kucing bisa mengetahui apakah seseorang sedang hamil. Akan tetapi, kucing tidak bisa melakukan hal itu. Menurut Ritcher, kucing hanya memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membaui seseorang dan membaca bahasa tubuh.

embed

(Ritcher mengatakan kucing tidak bisa mendeteksi seseorang yang sedang hamil hanya saja mereka sangat baik dalam membaui seseorang dan membaca bahasa tubuh. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

“Selama masa kehamilan, wanita cenderung mengalami perubahan level hormon yang dapat berdampak pada bau tubuh seseorang. Dan kucing dapat mengetahui adanya perubahan pada seseorang dengan mencium bau tubuh seseorang,” kata Ritcher.

Kucing jantan lebih bersahabat dibanding kucing betina?

Meskipun, kucing jantan dianggap lebih ramah, tetapi menurut dokter hewan Megan Teiber tidak ada perbedaan kepribadian yang signifikan diantara keduanya. “Banyak orang berpikir bahwa kucing jantan lebih penyayang daripada kucing betina. Namun, menurut saya itu sesederhana karena perbedaan individu dan tidak ada perbedaan diantara keduanya,” kata Teiber.

Bolehkah hanya memberi makanan kering pada kucing?

“Beberapa kucing mungkin bisa mengonsumsi makanan kering saja. Akan tetapi, makanan kucing yang basah secara umum tinggi protein dan lebih lembap dibandingkan makanan kering, yang cenderung lebih memenuhi kebutuhan nutrisi kucing,” ujar Jennifer Coates, seorang dokter hewan sekaligus penasihat di Pet Life Today. 

Jaimee Alsing, nutrisionis khusus hewan juga menambahkan bahwa dengan memberi makanan basah kepada kucing dapat menghindarinya dari dehidrasi. 

embed

(Kucing yang kelebihan berat badan biasanya tidak memiliki pinggang yang terlihat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

“Dehidrasi kronis dapat menyebabkan gigi berlubang, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa dicegah dengan menambahkan makanan basah untuk kucing,” tutur Coates. 

Kucing bisa mengalami obesitas?

Coates menyebutkan kucing yang kelebihan berat badan biasanya tidak memiliki pinggang yang terlihat. Dari samping, perut kucing yang kelebihan berat badan lebih dekat ke tanah daripada ke dada.

“Tanda lain bahwa kucing Anda obesitas adalah Anda tidak bisa merasakan tulang rusuk mereka ketika sedang mengelus sisi tubuh mereka,” pungkasnya.


(yyy)

MOST SEARCH