End Google Analytics -->
FAMILY

Cegah Stunting, Ini 5 Kegiatan Gerakan yang Dilakukan Oleh Kemenkes

Medcom
Kamis 01 Desember 2022 / 16:07
Jakarta: Anemia menjadi salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia. Karena dampaknya yang besar, seperti terjadi 5L (lemah, letih, lesu, lunglai, lelah) hingga menyebabkan stunting. Stunting masih menjadi masalah kesehatan juga di negara ini.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi. Bayi yang stunting sendiri dipengaruhi oleh banyak hal.

Ketua Tim Kerja Pemberdayaan dan Penggerakan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Dwi Adi Maryandi, SKM, MPH., menyebut bahwa sebanyak 23 persen bayi di Indonesia sudah lahir dalam keadaan stunting.  

Pengaruh dari bayi mengalami stunting adalah status kesehatan remaja, ibu hamil, pola makan balita, dan ekonomi, budaya. Tidak hanya itu, faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses terhadap pelayanan kesehatan juga berpengaruh.

“Pemerintah telah merekomendasikan beberapa upaya pencegahan dan penanggulangan anemia yang dilakukan dengan memberikan asupan zat besi yang cukup ke dalam tubuh untuk meningkatkan hemoglobin,” kata Dwi pada konferensi pers “Jangan Cuek, Ayo Cek Gejala Kurang Darah”, Rabu, 30 November 2022.


(Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan. Foto: Dok. Medcom.id/Aulia Putriningtias)

Kemenkes telah memiliki lima kegiatan untuk mencegah stunting, antara lain:

1. #AksiBergizi


Gerakan ini membentuk kebiasaan olahraga, sarapan, dan mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) untuk menurunkan anemia pada remaja.
 

2. #BumilSehat


Gerakan ini untuk meningkatkan pemeriksaan dan pengetahuan ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan para ibu hamil.
 

3. #PosyanduAktif


Gerakan ini meningkatkan cakupan tumbuh kembang di posyandu demi deteksi dini dalam mencegah balita gizi kurang stunting.
 

4. #JamboreKader


Gerakan ini meningkatkan kapabilitas kader dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 

5. #CegahStuntingItuPenting


Gerakan ini untuk mengedukasi masyarakat tentang stunting dan pencegahannya.



Aulia Putriningtias
(TIN)

MOST SEARCH