FAMILY

Ini Tandanya Anjing dan Kucing Mengalami Stres

Raka Lestari
Senin 20 Juli 2020 / 13:45

Jakarta: Sama seperti manusia, hewan pun bisa mengalami stres dan kecemasan. Nah, sebagai pemilik hewan, kamu perlu memerhatikan tanda-tanda yang mungkin bisa terlihat jika si hewan kesayangan mengalami stres atau kecemasan.

Berikut ini adalah tanda-tandanya, seperti:

1. Grooming berlebihan 

Karie Anne Johnson, dokter hewan dan salah satu pemilik VIP Vet Visit, mengatakan bahwa anjing atau kucing dapat mengalami stres atau kecemasan karena grooming yang berlebihan. Perawatan berlebihan juga dapat menyebabkan infeksi kulit karena iritasi.

2. Whale eye

Jika anjing menunjukkan whale eye atau mata paus, itu berarti mereka memberi tahu bahwa mereka mengalami rasa tidak nyaman. “Mata mereka akan melebar dan Anda hanya akan melihat bagian putih matanya saja. Mata paus ini merupakan indikasi bahwa mereka mengalami stres atau kecemasan,” kata Johnson. 

3. Menjilat bibir dan hidung ketika marah

Meskipun hewan peliharaan sering menggunakan lidah mereka untuk melembapkan hidung atau menjelajahi dunia di sekitar mereka, Johnson menuturkan bahwa menjilati hidung atau bibir yang berlebihan bisa menjadi tanda ketidaknyamanan. 

"Hewan peliharaan akan menjilat hidung atau bibir mereka ketika mereka stres, gugup, atau cemas,” tambahnya. 

embed

(Anjing atau kucing dapat mengalami stres atau kecemasan karena grooming yang berlebihan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Bulu yang rontok berlebihan 

Molly Farrell, dokter hewan dan pemilik Dyer Animal Clinic mengatakan bahwa bulu yang rontok berlebihan dapat menjadi gejala stres pada beberapa anjing. 

"Stres dapat menyebabkan anjing mengalami pengelupasan kulit dan kerontokan bulu secara tiba-tiba. Jika situasi penuh tekanan tidak berlangsung lama, bulu yang rontok hanya akan berlangsung selama kurang lebih tiga hingga empat hari," kata Farrell.

5. Menggonggong berlebihan

Travis Arndt, dokter hewan dan direktur Animal Medical Center of Mid-America, mengatakan bahwa anjing yang lebih sering menggonggong bisa menjadi petunjuk bahwa mereka merasa stres. 

"Vokalisasi adalah cara anjing berkomunikasi bahwa mereka membutuhkan sesuatu. Ketika, anjing merengek atau menggonggong secara berlebihan, mereka mungkin mengalami stres," kata Arndt.


(yyy)

MOST SEARCH