End Google Analytics -->
FAMILY

Stres dan Banyak Pikiran Bikin Wanita Sulit Orgasme?

Yatin Suleha
Kamis 29 Desember 2022 / 20:53
Jakarta: Apakah kamu sulit mencapai orgasme atau memerlukan 'kerja keras' untuk bisa mencapai hasil yang maksimal? Menurut tinjauan dr. Andreas Wilson Setiawan via Hellosehat, diperkirakan hanya 10 – 15 persen wanita bisa mencapai klimaks dengan mudah, sisanya perlu usaha keras untuk mencapai hal tersebut. 

Berbagai alasan dapat menyebabkan kenapa wanita sulit untuk mencapai orgasme. Salah satu penyebabnya yaitu stres atau terlalu banyak pikiran saat bercinta. 

Ini menurut dr. Andreas adalah salah satu penyebab sulit orgasme yang sering tidak disadari. Entah itu memikirkan proyek kantor, masalah keuangan, sampai masalah anak di sekolah.

Sementara kecemasan juga bisa hadir ketika berhubungan seks, misalnya tidak percaya diri dengan tubuh sendiri atau pun pernah mengalami pelecahan seksual.
 

Pengertain orgasme dan gangguan orgasme


Sebelum menukil lebih jauh, dr. Yusra Firdaus menjelaskan lebih dalam mengenai apa itu orgasme. "Orgasme adalah perasaan kelegaan intens setelah menerima stimulasi seksual. 

Orgasme dapat bervariasi dalam intensitas, durasi, dan frekuensi. Orgasme dapat terjadi dengan sedikit stimulasi seksual, namun kadang diperlukan stimulasi yang lebih banyak," paparnya melalui Hellosehat.


(Jika kamu tidak mampu mencapai klimaks seksual atau orgasme atau memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai klimaks, ada baiknya konsultasikan ke dokter. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)

Sedangkan gangguan orgasme adalah kondisi yang terjadi saat seseorang sulit untuk mencapai orgasme, bahkan saat mereka terangsang secara seksual dan mendapatkan cukup stimulasi seksual.

Gangguan ini lebih umum terjadi pada wanita. Kondisi ini juga dikenal sebagai anorgasmia atau disfungsi orgasme pada wanita.
 

Tanda gangguan orgasme


Tanda adanya gangguan orgasme (disfungsi orgasme) adalah ketidakmampuan mencapai klimaks seksual. Selain itu mengalami orgasme yang tidak memuaskan atau memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai klimaks. Wanita dengan disfungsi orgasme dapat mengalami kesulitan mencapai orgasme selama hubungan seksual atau masturbasi.
 

Terdapat 4 jenis disfungsi orgasme, yaitu:


1. Anorgasmia primer: Adalah kondisi di mana seseorang tidak pernah mengalami orgasme
2. Anorgasmia sekunder: Yaitu kesulitan mencapai orgasme, namun pernah mengalaminya sebelumnya
3. Anorgasmia situasional: Kondisi terjadi saat kamu hanya bisa mencapai orgasme dalam situasi tertentu, seperti saat seks oral atau masturbasi
4. Anorgasmia umum: Jenis disfungsi ini membuat kamu tidak dapat mencapai orgasme dalam situasi apa pun, bahkan saat kamu sangat terangsang dan stimulasi seksual cukup

Jika kamu memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Ini untuk menghentikan kondisi yang memburuk dan mencegah kondisi medis darurat lainnya.
(TIN)

MOST SEARCH