FAMILY

Pasca Keguguran, Kapan Pasutri Bisa Berhubungan Intim?

Medcom
Minggu 28 Agustus 2022 / 13:00
Jakarta: Tentunya keguguran yang dialami seorang wanita merupakan hal yang dapat menyakitkan baik secara fisik maupun emosional. Dan butuh waktu untuk bisa kembali lagi koneksi secara seksual dengan pasangan.

Para ahli mengatakan bahwa waktu pemulihan setelah keguguran umumnya adalah sekitar dua minggu. Tetapi perlu diperhatikan juga, bahwa tubuh setiap orang memiliki masa waktu penyembuhan yang berbeda-beda.

Untuk waktu keguguran, dilihat juga seberapa lama usia kandungan ketika mengalami keguguran, karena dapat memengaruhi berapa lama waktu pemulihan.

"Kamu harus menghindari memasukkan apa pun ke dalam vagina. Termasuk tampon dan douching, serta hubungan seks, sampai pendarahan berhenti. Ini biasanya menunjukkan bahwa serviks telah tertutup. Hal ini membantu mencegah infeksi di rahim, dan biasanya terjadi dalam dua minggu,” ujar OB-GYN bersertifikat, Benjamin DiJoseph, DO.



(Dr Joseph mengatakan sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan kamu harus memastikan sudah siap secara emosional setelah mengalami keguguran. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Dr Kim Langdon, seorang dokter kandungan di Medzino, mengatakan bahwa jika sudah tidak ada pendarahan, nyeri, atau keputihan yang tidak normal berarti seseorang sudah boleh berhubungan seks lagi.

“Dan dua minggu kemungkinan adalah waktu yang cukup untuk seseorang pulih dari keguguran sebelum mulai melakukan seks lagi. Meskipun demikian, dua minggu bukanlah waktu yang pasti. Lakukanlah ketika kamu sudah mulai merasa nyaman,” katanya.

 

Tanda jika kamu sudah siap


Selain menunggu dua minggu (atau lebih) yang diperlukan agar tubuh bisa pulih sepenuhnya, Dr Joseph juga mengatakan bahwa kamu juga harus memastikan sudah siap secara emosional. 

Karena mungkin kamu perlu membutuhkan waktu berduka atas kehilangan, sebelum bisa intim dan memiliki hubungan seksual kembali dengan pasangan.

Bahkan ketika tubuh sudah siap, mungkin saja secara emosional belum siap. Jadi ada baiknya untuk memeriksa diri sendiri dan pasangan terlebih dulu sebelum berhubungan seks lagi.


Raka Lestari

(TIN)

MOST SEARCH