FAMILY

5 Cara Merawat Kucing Kesayangan agar Tetap Sehat

Raka Lestari
Rabu 05 Agustus 2020 / 09:57

Jakarta: Sekilas, kucing memang tampak seperti hewan yang mandiri. Namun, kucing tetap saja butuh perawatan yang baik agar tetap sehat dan bahagia. 

Nah, berikut ini lima cara yang perlu kamu lakukan untk merawat kucing kesayangan, seperti: 

1. Mendapatkan vaksin tepat waktu 

Amanda Landis-Hanna, dokter hewan dan manajer senior di PetSmart Charities, mengatakan bahwa mengikuti jadwal vaksinasi yang direkomendasikan untuk anak kucing sangat penting untuk membantu kucingmu memiliki umur yang panjang dan sehat. 

"Anak-anak kucing membutuhkan beberapa imunisasi selama tahun pertama mereka untuk melindunginya dari penyakit serius. Setelah itu, mereka hanya perlu vaksin tahunan," kata Landis-Hanna. 

2. Sebisa mungkin jaga agar kucing tetap di dalam rumah 

Dokter hewan Matthew McCarthy, sekaligus pemilik Juniper Valley Animal Hospital di New York mengatakan bahwa sebaiknya kamu menjaga agar kucing tidak keluar rumah. “Ketika berada di dalam rumah, risiko kucing tertabrak mobil akan sangat berkurang dan lebih rendah untuk terekspos penyakit infeksi, serta risiko bertengkar dengan hewan lain akan berkurang,” ujarnya. 

3. Pastikan kucing mendapatkan cukup air

Sangat penting untuk memastikan kucingmu tetap terhidrasi dengan memberikan mereka akses yang cukup terhadap air terutama ketika mereka membutuhkannya. 

“Pada alam liar, kucing minum air di lokasi yang berbeda dengan makanan mereka. Dengan begitu, pastikan Anda menyediakan minuman di berbagai lokasi dan jauhkan dari makanan," ungkap McCarthy. 

embed

(Pastikan kamu menyediakan minuman di berbagai lokasi dan jauhkan dari makanan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

4. Memiliki tempat kotoran kucing yang cukup banyak 

Kucing biasanya lebih memilih untuk menggunakan tempat kotoran atau litter box dari kucing lainnya sehingga menyediakan litter box yang cukup adalah kunci. “Rekomendasi litter box adalah dua untuk setiap kucing. Atau idealnya, litter box sebaiknya disebar di seluruh rumah atau setidaknya satu kotak di setiap lantai rumah," papar Landis-Hanna.

5. Kucing sebaiknya dilakukan steril 

Sarah Ochoa, seorang dokter hewan dan konsultan untuk Dog Lab mengatakan bahwa pemilik kucing sebaiknya melakukan steril terhadap kucing-kucing mereka untuk mencegah kelahiran yang tidak diinginkan.

“Ada banyak sekali kucing-kucing yang menunggu untuk diadopsi di shelter atau grup penyelamat hewan. Dengan melakukan steril, Anda dapat membantu untuk mengontrol populasi hewan peliharaan Anda,” sarannya.  


(yyy)

MOST SEARCH