EXTERIOR

Tips Atasi Tembok Rumah yang Lembap

Yatin Suleha
Jumat 15 April 2022 / 15:18
Jakarta: Selain sedang trending, konsep industrial juga sebenarnya dapat memberikan efek atau kesan sederhana dan sejuk.

Tak hanya cantik untuk tampilan dinding cafe atau resto, semen ekspos juga punya nilai estetika tersendiri. Tapi jangan sampai tampilannya menjadi rusak karena lembap. Hal ini dapat membuat ketidaknyamanan dan lapuk.

Bagi kamu yang ingin tampilan semen ekspos yang berestetika, kamu dapat mencoba dengan menggunakan Hydrostop, sebuah produk acian kedap air.

“Hydrostop merupakan acian kedap air yang dapat diaplikasikan dari dalam maupun luar ruangan. Hydrostop memiliki Polycrystallite Technology yang dalam keadaan basah akan aktif bekerja mengkristalisasi air rembesan yang masuk ke pori-pori atau retakan pada dinding, sehingga rembesan air akan terhenti,” papar Antony Kostka General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia.

Beberapa manfaat yang didapat dengan acian kedap air ini antara lain adalah anti lembab/antiseep. Seep disebabkan oleh naiknya air tanah melalui pori-pori beton/dinding bata.

Dengan menggunakan acian kedap air, air rembesan akan bereaksi dengan Hydrostop membentuk polycrystallite sehingga pori-pori akan tertutup dan rembesan akan berhenti.


acian semen tembok adalah
(Tunggu selama beberapa hari maka dinding semen ekspos yang kedap air telah siap digunakan untuk beraktivitas ya. Foto: Dok. Istimewa)


Selain itu juga dapat menahan air dari semua sisi. Penggunaannya dapat menahan air baik dari sisi yang terkontak langsung dengan air (sisi positif) maupun yang tidak terkontak langsung dengan air (sisi negatif) tanpa menyebabkan gelembung (blister).

Bagaimana jika tembok atau dinding bisa self-healing dari retakan? Tentu saja ini sangat membantu pemiliki tempat tersebut. Acian Hydrostop mampu menutup retakan dengan lebar hingga 0,5 mm dengan sendirinya melalui proses pembentukan polycrystallite atau kristalisasi air.

Selain itu juga dinding tak mudah retak halus atau retak rambut. Umumnya acian hasil adukan semen biasa rawan mengalami retak rambut.

Dengan menggunakan ini sebagai acian yang kedap air, tentu dapat menghindari permasalahan retak rambut di dinding dan menjadikan tampilan dinding lebih maksimal sebagai acian ekspos atau untuk dilanjutkan proses pengecatan. Dan jangan khawatir lho, setiap 2 kilogramnya bisa melapisi bidang seluas 1 m² dengan ketebalan acian sampai 1-2 mm.

“Penggunaan acian kedap air Hydrostop juga tepat untuk bangunan dengan kondisi dinding lembap karena naiknya air tanah ke tembok sehingga tembok selalu terlihat lembap pada bagian bawah, terutama untuk bangunan yang berada di area bersebelahan dengan lahan persawahan atau perairan lainnya," papar  Antony Kostka.

"Kemudian Hydrostop juga tepat untuk tembok yang terkena rembesan air dari instalasi AC, dan juga tembok lembap yang berhimpitan dengan tetangga sehingga hanya memungkinkan pekerjaan tembok dari sisi dalam saja,” tambahnya.

Jadi, jangan biarkan masalah dinding lembap dan merusak estetika rumah dan mengganggu kenyamanan keluarga ya. 

(TIN)

MOST SEARCH