COMMUNITY

3 Alasan Kucing Makan Rumput, Berbahayakah?

Mia Vale
Rabu 20 April 2022 / 10:05
Jakarta: Tidak ada alasan yang pasti mengapa kucing dapat melengkapi makanan mereka dengan rumput. Mungkin terlihat tidak wajar, tapi ini umum terjadi. Lantas, apa sebenarnya alasan kucing makan rumput? Apakah kebiasaan ini berbahaya bagi hewan peliharaan anabul kamu?

Ada mitos di komunitas perawatan hewan peliharaan bahwa satu-satunya alasan kucing makan rumput adalah untuk dimuntahkan saat mereka sakit perut. Menurut Dr Emily Payne dari Greencross Vets Hyde Park, ini belum tentu benar untuk kucing kamu. 

“Akan mengkhawatirkan jika kucing muntah setiap kali makan rumput,” ujarnya. Bila hal tersebut terjadi seminggu sekali atau lebih sering, sebaiknya periksakan ke dokter hewan. Namun, jika setelah makan rumput, si kucing tidak muntah, itu bukan masalah.
 

1. Mencari manfaat kesehatan 


Si anabul mungkin merumput di rumput untuk meningkatkan kadar vitaminnya. Rumput mengandung nutrisi yang disebut asam folat, yang membantu memindahkan oksigen melalui aliran darah.

Beberapa ahli berteori bahwa makan rumput juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, sementara yang lain percaya bahwa kucing melakukannya hanya karena mereka menikmati rasa dan teksturnya. 


alasan kucing makan rumput
(Salah satu alasan mengapa kucing memakan rumput adalah sebagai efek pencahar yang bisa membantu mereka untuk buang air besar secara teratur. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Sebagai pencahar alami 


Kucing memiliki naluri predator dan akibatnya, ia berburu binatang kecil seperti tikus dan burung. Hewan ini memiliki tulang, rambut, dan bulu yang kecil. Tidak semuanya dapat melewati saluran pencernaan kucing dengan mudah. Untuk alasan ini, kucing dapat menggunakan rumput sebagai pencahar untuk membantu pencernaan
 

3. Untuk menginduksi muntah 


Salah satu alasan kucing makan rumput yang paling umum adalah membantu mengatasi sakit perut. Pasalnya, saat kucing makan rumput, mereka akan muntah karena tidak memiliki enzim yang cukup untuk mencernanya.

Dengan memuntahkan sesuatu dari perutnya, sistem pencernaan akan lebih bersih dari sesuatu hal yang mereka telan namun tidak dapat dicerna seperti bulu-bulu atau tulang.
 

Bagaimana cara membantu? 


Dr Payne merekomendasikan untuk memberi kucing tanaman hijau yang sesuai untuk dimakan, seperti rumput kucing atau catnip sehingga tidak akan memakan apa pun yang mungkin telah disemprot dengan bahan kimia atau pupuk. Jika kamu khawatir tentang hal ini, mintalah saran dari dokter hewan setempat.

(TIN)

MOST SEARCH