BEAUTY

3 Cara Terbaik Menghilangkan Jerawat Menurut Ahli

Yuni Yuli Yanti
Rabu 12 Januari 2022 / 07:00
Jakarta: Sudah mencoba berbagai cara tapi jerawat tetap saja muncul. Mulai dari memakai obat-obatan herbal hingga produk perawatan kulit ternama, tapi jerawat masih enggak mau hilang. Duh, kesal banget ya!

Perlu diketahui, jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak menyebabkan kulit mati, sehingga muncul komedo atau jerawat. Dan mengoleskan apa pun secara acak pada wajah justru dapat memperburuk jerawat. 

Mengutip dari HealthShots, Dr Jaishree Sharad, seorang selebritas dan dokter kulit terkemuka yang berbasis di Mumbai menyebutkan bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Simak penjelasannya: 
 

Tiga cara menghilangkan jerawat

1. Gel benzoil peroksida

Oleskan 2,5 persen gel Benzoil peroksida pada jerawat dua kali sehari. Bahan ini dapat mengurangi sekresi minyak. Juga bersifat komedolitik yaitu mengurangi komedo putih dan komedo hitam. Serta, membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu hanya perlu oleskan sedikit gel pada jerawat. Namun, pastikan kulit tidak kering atau bersisik saat mengoleskan gel.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 
Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
 

2. Gunakan plester jerawat

Stiker atau plester jerawat adalah patch hidro-koloid yang dapat diterapkan pada jerawat dan dibiarkan semalam atau setidaknya selama 6 jam. Patch ini dapat menyerap minyak atau nanah dari jerawat dan memungkinkan luka untuk sembuh. Mereka mencegah jaringan parut dan tentu saja mencegahnya untuk timbul serta menghilangkan jerawat. Ingat, jangan menggunakannya pada jerawat kistik atau nodular yang besar.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Injeksi kortison intralesi

Dermatologis terampil menyuntikkan triamcinolone acetonide super encer ke dalam kista atau nodul untuk mengeringkannya dalam waktu 12 jam. Tapi ingat, jangan mencobanya sendiri. Kamu perlu konsultasikan pada dokter kulit mengenai cara ini.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH